Alumni Komunikasi Unismuh Makassar Diterima Jadi Jurnalis di Berita Kota Makassar

  • Bagikan

Laporan: Fina Maisaroh Nur Maulidiana
(Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip Unismuh Makassar)

MAKASSAR. Rabu sore 29 Mei 2024 puluhan mahasiswa ilmu komunikasi memindahkan ruang kuliah ke Kantor Redaksi Harian Berita Kota Makassar (BKM) untuk mata kuliah Dasar Dasar Jurnalistik.

Pada kuliah lapangan itu dosen tamu yang memberikan materi kepada mahasiswa semester dua angkatan 2023 ini adalah Pemimpin Redaksi BKM, Andi Rustan, SS, M.Si.

Dosen pengampu mata kuliah Dasar Dasar Jurnalistik ini adalah, Dr Muhammad Yahya, M.Si dan Dr Syukri, S.Sos, M.Si.

Pada kesempatan itu Andi Rustan menjelaskan kalau ada ada beberapa alumni Prodi Ilmu Komunikasi Unismuh Makassar yang diterima menjadi jurnalis BKM. Salah seorang diantaranya, Yusril Sudirman dan seringkali turun ke lapangan mencari dan membuat berita tentang masalah masalah politik lokal dan nasional.

Dijelaskan juga kalau dalam menulis berita masih tetap mengacu pada unsur unsur dalam penulisan berita yang lazim dikenal dengan 5 W + 1 H kemudian dalam bahasa Indonesia akronimnya adalah ADIKSIMA (Apa-Dimana-Kapan-Siapa- Mengapa- Bagaimana).

BKM telah mengalami perubahan dengan melakukan konvergensi media sebagai tuntutan dari era digital saat ini.

Kalau dulu BKM berangkat dari surat kabar maka hari ini sudah ada, surat kabar elektronik BKM, portal BKM, serta media sosial BKM ada pada, Instagram, facebook bahkan tik tok yang merupakan aplikasi favorit para gen Z.

Adapun koran digital yang dibuat dalam bentuk PDF sehingga apa di hasilkan di media cetak akan dibawa ke media digital. sehingga berita yang di buat bisa diketahui masyarakat luas mulai dari perkotaan hingga daerah terpencil.

Adapun berita di muat BKM antara lain; politik, siswa maupun mahasiswa berprestasi, wisata, kasus-kasus kriminal dan masih banyak lagi.

’’Kalau kalian berprestasi BKM terbuka untuk itu dan juga akan memberikan pelaynan yang terbaik untuk anda.’’, ungkapnya.

Di BKM juga terdapat studio podcast yang sering di datangi siswa, mahasiswa hingga masyarakat luas yang berprestasi, lewat media itu mereka bisa membagi pengalaman serta ilmu yang meraka punya sehingga bisa dinonton banyak orang.

Koran yang memasuki usia 27 tahun pada Juni 2024 ini sudah bekerja sama Pemerintah Kota Makassar terkait pemberitaan sampai di lorong, kerja sama di Lorong Wisata, menghadirkan berita terkait apa di lorong dilaksanakan warga setempat.

BKM kemudian membuat program dan salah satu program itu dapat apresiasi dari walikota dan masyarakat program Jappa-Jappa ri Lorong ( Japparong ).

Kerja sama ini ada nilai uangnya, akan tetapi tidak berhenti pada nilai ekonomi, BKM juga melayani masyarakat agar bisa mengapresiasikan, menyampaikan keluhan di melalui flatfon media BKM, sehingga lewat media ini aspirasi mereka bisa diperhatikan oleh para pengambil kebijakan.

Dosen pendamping mata kuliah Muhammad Yahya menambahkan, tujuan kuliah lapangan membuka wawasan dan pengetahuan tentang perkembangan dan pertumbuhan industri media massa dengan studi pada BKM.

Kuliah lapangan ini memperkenalkan langsung pada mahasiswa proses perencanaan berita, peliputan, editing, publikasi dan penyebaran pesan berita kepada khalayak media.

Kuliah lapangan ini sekaligus merealisasikan program pemerintah Belajar Merdeka Kampus Merdeka yang mendekatkan mahasiswa pada dunia kerja.***

  • Bagikan