Warga Bulukumba : Kami Rasakan Bukti Nyata Pembangunan Andi Sudirman

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID BULUKUMBA – Sejumlah pembangunan di Kabupaten Bulukumba yang dilakukan Andi Sudirman Sulaiman saat diamanahkan sebagai Gubernur Sulawesi Selatan. Termasuk mendorong peningkatan sektor pariwisata di daerah yang dijuluki Butta Panrita Lopi ini.

Sebagai daerah yang dikenal sebagai kawasan wisata Bahari, Kabupaten Bulukumba menjadi salah satu daerah untuk program strategi prioritas Andi Sudirman, khususnya untuk pengembangan destinasi pariwisata.

Salah satunya, pengembangan kawasan wisata baru di Pantai Mandala Ria di Desa Lembanna, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba. Wujud dukungan itu, dengan pembangunan sejumlah sarana dan prasarana untuk pengembangan Kawasan Pantai pasir putih itu.

Pembangunannya pun dilakukan dengan mengucurkan APBD Provinsi, maupun bantuan keuangan Provinsi kepada Kabupaten Bulukumba, misalnya dengan membangun sejumlah fasilitas pendukung seperti jembatan dan tangga kayu dan pembangunan jalan. Pembangunan jalan, yakni pada ruas Batu Tongkarayya – Goa Passea di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba. Akses jalan ini menuju ke lokasi wisata tebing Batu Tongkarayya, serta dapat melihat keindahan Pantai Mandala Ria dari ketinggian.

Pembangunan akses jalan itu merupakan salah satu alokasi dari Bantuan Keuangan Pemprov Sulsel TA 2022 untuk Kabupaten Bulukumba senilai Rp 19 Miliar. Selain itu, bantuan keuangan itu juga diperuntukkan untuk pembangunan Masjid Terapung Bira. Masjid yang diberi nama Masjid Thalhah Ubaidillah itu telah diresmikan Andi Sudirman. Hadirnya Masjid ini pun sangat bermanfaat, karena memudahkan dan mendekatkan pengunjung yang beragama muslim untuk melaksanakan Salat.

Di tahun 2023, Andi Sudirman pun juga memberikan bantuan keuangan yang nilainya lebih meningkat, totalnya Rp 25 Miliar. Bantuan keuangan itu diperuntukkan untuk pembangunan kolam labuh Bentenge dan pembangunan jalan wisata Mandala Ria.

Kini, pembangunan Kolam Labuh Bentenge tahap 1 itu telah tuntas dan dimanfaatkan oleh para nelayan. Hadirnya ini memudahkan para nelayan untuk menyandarkan perahunya, sehingga nantinya dapat meningkatkan produksi hasil tangkap nelayan.

Dalam memberikan pelayanan kebutuhan air minum yang aman dan sehat, Pemprov Sulsel di era Andi Sudirman juga telah membangun jaringan pengolahan air siap minum di Pulau Liukang Loe, Desa Bira, Kecamatan Bontobahari dan di Kawasan Pesisir Lingkungan Gusunge, Kelurahan Kalumeme, Kecamatan Ujungbulu, Kabupaten Bulukumba.

Tak hanya itu, bantuan disektor pertanian juga dialokasikan untuk Bulukumba, termasuk bantuan benih padi gratis melalui Mandiri Benih. Dalam dua tahun, Kabupaten Bulukumba telah mendapatkan benih gratis sebanyak 244,1 ton untuk 9.764 hektar lahan pertanian. Hal ini pun membuahkan hasil, yang berdampak pada peningkatan hasil pertanian bagi petani. Disamping itu, dalam mendukung peningkatan produksi pertanian, Pemprov Sulsel juga telah melakukan penanganan peningkatan daerah irigasi Bontonyeleng.

Untuk sektor perikanan dan kelautan, Pemprov Sulsel dibawah kepemimpinan Andi Sudirman juga mengalokasikan bantuan kapal nelayan, alat tangkap, apartemen ikan. Serta bantuan peralatan industry pengolahan ikan bagi UMKM.
Dengan seluruh program dan pembangunan yang dilakukan di era kepemimpinan Andi Sudirman itu, diharapkan Kabupaten Bulukumba dapat berkembang menjadi salah satu pusat pertumbuhan ekonomi di Sulsel dengan mengantarkan sektor pariwisata, pertanian, maupun perikanan dan kelautan.

Salah satu tokoh masyarakat di Bulukumba, Abdul Gaffar mengakui, bahwa peningkatan sektor pariwisata di Bulukumba turut dirasakan masyarakat. “Kami rasakan manfaat dan bukti nyata dari perhatian Bapak Andi Sudirman terhadap pembangunan di Kabupaten Bulukumba, khususnya yang terkait infrastruktur pembangunan wisata,” katanya, Kamis (30/5/2024).

Ia mengaku, bahwa tidak sedikit bantuan Pemprov Sulsel disaat kepemimpinan Andi Sudirman, baik melalui APBD Provinsi maupun bantuan keuangan. “Tidak sedikit bantuan yang beliau kucurkan demi kemajuan Bulukumba. Beliau adalah figure pemimpin yang religious dan Amanah, dengan konsep pembangunan fisik dunia dan mental akhirat,” akunya.

Lanjut dia, “sebagai warga Bulukumba, sangat mendukung bapak Andi Sudirman Sulaiman untuk bisa memimpin kembali Sulsel kedepan. Kami dambakan dan sangat berharap beliau bisa terpilih Kembali dan memimpin Provinsi Sulawesi Selatan,” pintanya.(rls/idr)

  • Bagikan