Fakultas Kedokteran UMB Palopo Jadi Rujukan Nasional, Kembali Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Batch 2

  • Bagikan

Prof. Dr Hj Nilawati Uly, S.Si, Apt, M.Kes, CIPA., saat menerima kunjungan Rektor Universitas Dayanu Ikhsanuddin, Ir.L.M. Sjamsul Qamar, M.T., IPU dan Tim Taskforce Unidayan, Kamis, pekan kemarin. Kehadiran mereka dalam rangka studi tiru pembukaan Fakultas Kedokteran.

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO--Universitas Mega Buana Palopo saat ini menjadi rujukan sejumlah perguruan tinggi dalam rangka pembukaan Fakultas Kedokteran. Seperti baru baru ini, Rektor Universitas Mega Buana Palopo, Prof. Dr Hj Nilawati Uly, S.Si, Apt, M.Kes menerima kunjungan dari Rektor Universitas Dayanu Ikhsanuddin, Ir.L.M. Sjamsul Qamar, M.T., IPU, Kamis 30 Mei 2024, dalam rangka studi tiru pembukaan Fakultas Kedokteran di Universitas Mega Buana Palopo.

Ir.L.M. Sjamsul Qamar yang hadir Bersama Tim Task force pembukaan Fakultas Kedokteran Unidayan menyampaikan bahwa Fakultas Kedokteran Universitas Mega Buana Palopo saat ini telah menjadi rujukan nasional dalam pembukaan Fakultas Kedokteran. Diungkapkan kehadirannya di Universitas Mega Buana Palopo ini atas rekomendasi DIKTI dan sejumlah perguruan tinggi. “Tujuan kami kesini adalah untuk studi tiru pembukaan Fakultas Kedokteran, terima kasih atas sambutannya bu Rektor,”katanya. Bahkan, lanjut Sjamsul Qamar mengungkapkan Unidayan lebih dulu melakukukan pengurusan izinnya, namun Universitas Mega Buana Palopo yang lebih cepat mendapatkan izin operational, “jadi sudah tepat bagi kami melakukan studi tiru di UMB Palopo ini,”ungkapya.

Ditambahkan ketua Tim Task force pembukaan Fakultas Kedokteran Unidayan, Dr Intan, MSi kepada media bahwa studi tiru yang dilakukannya di Universitas Mega Buana Palopo ini lebih mentekhniskan konsep pembentukan Fakultas Kedokteran di Unidayan. Ia memuji pembukaan Fakultas Kedokteran di UMB Palopo sangat siap dan dan sangat lengkap, "Fasilitas di Fakultas Kedokteran Universitas Mega Buana Palopo ini lengkap dan modern disamping itu dalam hal penataan laboratorium juga sangat bagus,"jelasnya.

Ia bahkan memuji Universitas Mega Buana Palopo ini salah satu yang terbaik bahkan yang terbaik, “saya melihat Ini (Fakultas Kedokteran Universitas Mega Buana Palopo) salah satu yang terbaik, bahkan mungkin yang terbaik, sebagaimana Informasi yang disampaikan dari Dikti maupun oleh kampus kampus lain yang sudah pernah melakukan studi tiru disini, dan saya lihat, memang semuanya sudah memiliki sarana dan prasarana yang sangat moderen, dan untuk kampus baru ini sangat menjawab hal yang Mahasiswa butuhkan, dan menurut saya dari kunjungan langsung ini setelah melihat sarana dan prasarana disini akan mendukung nantinya skil-skil yang dibutuhkan oleh mahasiswa baru untuk menjadi dokter yang unggul,”ujarnya.

Diketahui, beberapa aktu lalu sejumlah perguruan tinggi juga melakukan studi tiru dalam rangka pembukaan Fakultas Kedokteran di perguruan tinggi mereka. Baik secara hybrid maupun kunjungan langsung.

Sejak diterimanya izin pembukaan dua program studi tersebut, terbilang diminati oleh masyarakat. Dimana telah dilakukan seleksi penerimaan mahasiswa ru di Batch 1. Dan saat ini kembali membuka seleksi penerimaan mahasiswa baru untuk gelombang kedua (Batch 2) pada Program Studi S1 Kedokteran dan Profesi Dokter. Pembukaan Batch 2 ini akan berlangsung 13 Mei hingga 15 Juni 2024 mendatang.

Rektor Universitas Mega Buana Palopo, Prof. Dr. Hj. Nilawati Uly, S.Si, Apt, MKes, CIPA, Minggu 2 Juni 2024, bahwa agenda PMB tahun 2024 ini khusus untuk Fakultas Keedokteran akan dibuka dalam 3 gelombang. Dimana gelombang pertama sudah dilakukan tes, pada 11 Mei, lalu dan hasilnya telah diumumkan pada 13 Mei 2024. Tes yang dilakukan yakni tes TPA yang berbasis komputer/computer based test (CBT) yang dilakukan oleh tim Fakultas Kedokteran Unhas, kemudian dilanjutkan dengan tes Wawancara yang timnya juga berasal dari Fakultas Kedokteran Unhas bersama tim Fakultas Kedokteran Universitas Mega Buana Palopo.

Tim Fakultas Kedokteran Unhas terdiri dari, Dekan, Prof. Dr. dr. Haerani Rasyid, M.Sc, SpPD-KGH, SpGK, FINASIM, Wakil Dekan 1, Prof. dr. Agussalim Bukhari, M.Clin. Med., Ph.D, Sp.GK(K), Wakil Dekan 2, dr. Firdaus, Ph.D, Wakil Dekan 3, Dr. dr. Andi Alfian Zainuddin, MKM, dan Dosen Fakultas Kedokeran Unhas, dr. Irwin Aras, M.Epid. Sementara dari Tim Fakultas Kedokteran UMB Palopo yakni Dekan, dr.Asty Amalia,M.Med.Educ, Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Dr.dr.Lelimiska Irmadani Syarif,M.Biomed, Wakil Dekan II Bidang Sumberdaya dan Kerja Sama Prof.Dr.Ma’Rufi,M.Pd.

“Pendaftar untuk gelombang pertama sudah kita seleksi dan sudah dilakukan pengumuman, tentu ada yang tidak lolos, baik pada seleksi berkas hingga tes yang dilakukan oleh tim dari Universitas Hasanuddin,”ungkap Rektor. Diungkapkan, bahwa peminat pada Batch 1 kemarin melampaui kuota yang ada. Diketahui kuota yang disiapkan untuk penerimaan perdana ini hanya sebanyak 50 orang.(*/rls)

  • Bagikan