Real Madrid Juara Liga Champions Usai Hancurkan Dortmund 2-0

  • Bagikan

Selebrasi Vinicius Junior dalam laga final Liga Champions antara Borussia Dortmund vs Real Madrid, Minggu (2/6/2024).

PALOPOPOS.CO.JD, INGGRIS-- Klub raksasa Spanyol Real Madrid berhasil menjadi kampiun  Liga Champions 2023/2024. Los Blancos, julukan Real Madrid menjuarai turnamen bergengsi ini usai membungkam Borussia Dortmund dengan skor 2-0 dalam laga final yang digelar di Wembley, Minggu, 2 Juni 2024 dinihari Wita.

Pada partai ini, meski nyaris tertekan di sepanjang babak pertama dan awal babak kedua, Real Madrid jusrtru mampu mengunci kemenangan lewat gol yang dicetak Dani Carvajal dan Vinicius Junior.

Nah, berkat hasil ini, Real Madrid pun sukses mengangkat trofi Liga Champions untuk yang ke-15 kalinya atau trofi keenam dalam satu dekade terakhir.

Sementara itu, Dortmund harus puas kembali menjadi runner-up setelah kekalahan di edisi 2013 silam.

Saat kick off, Dortmund yang mencoba peruntungan untuk bisa menjuarai turnamen ini, terlihat lebih agresif. Mereka lebih mendominasi jalannya permainan di babak pertama.

Beda dengan Real Madrid. Justru lebih banyak menunggu kesempatan untuk melakukan serangan balik.

Gaya ofensif yang dilakukan Dortmund pun menciptakan sederet peluang berbahaya. Terlihat, mulai dari aksi Karim Adeyemi hingga sontekan Niclas Fullkrug yang sayangnya masih membentur tiang gawang.

Los Blancos sendiri mencoba untuk tak terlalu panik dengan situasi ini. Antonio Rudiger dkk. berhasil menjaga gawang timnya tetap tak kebobolan hingga laga memasuki jeda turun minum.

Memasuki babak kedua, nampak situasi tak banyak mengalami perubahan. Dortmund masih bermain lebih agresif dan menciptakan sejumlah peluang berbahaya. Namun, gol yang dinanti tak kunjung tercipta.

Alih-alih memimpin, Dortmund justru harus kebobolan pada menit ke-74. Sepak pojok Toni Kroos berhasil disundul Carvajal untuk menaklukkan Gregor Kobel. Madrid pun unggul 1-0.

Gol ini menjadi pembakar semangat para pemain Real Madrid. Mereka menjadi semakin agresif.

Terbukti, Vinicius kembali sukses menggandakan keunggulan Los Blancos pada menit ke-83.

Gol ini berawal dari kesalahan Ian Maatsen, Jude Bellingham mengirim umpan ke Vinicius yang dengan tenang melepas tembakan menjadi gol.

Menit ke-87, Dortmund sempat mencetak gol lewat sundulan Fullkrug. Namun, hakim garis sudah mengangkat bendera tanda offside. Keputusan ini diperkuat oleh VAR.

Tak ada gol tambahan yang tercipta di sisa waktu. Skor 2-0 untuk kemenangan Real Madrid pun menjadi hasil akhir dari pertandingan ini. (*/net/pp)

Susunan Pemain

Borussia Dortmund: Gregor Kobel; Julian Ryerson, Mats Hummels, Nico Schlotterbeck, Ian Maatsen; Emre Can (Donyell Malen 80'), Marcel Sabitzer; Jadon Sancho (Jamie Bynoe-Gittens 87'), Julian Brandt (Sebastien Haller 80'), Karim Adeyemi (Marco Reus 72'); Niclas Fullkrug.

Pelatih: Edin Terzic.

Real Madrid: Thibaut Courtois; Dani Carvajal, Antonio Rudiger, Nacho, Ferland Mendy; Federico Valverde, Eduardo Camavinga, Toni Kroos (Luka Modric 85'); Jude Bellingham (Joselu 85'); Rodrygo (Eder Militao 90'), Vinicius Junior (Lucas Vazquez 90+4').

Pelatih: Carlo Ancelotti.

  • Bagikan