Head To Head, Budiman Vs Ibas

  • Bagikan
  • Pilkada Luwu Timur 2024

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 akan segera dihelat pada 27 November 2024.
Untuk pilkada di Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) berpotensi menghadirkan pertarungan atau rematch antara Budiman Hakim vs Irwan Bachri Syam.

Pada Pilkada serentak 2020 lalu, Irwan Bachri Syam (Ibas) maju sebagai calon bupati. Sementara Budiman Hakim maju sebagai wakil bupati.
Kala itu Ibas berpasangan Andi Muhammad Rio Patiwiri sebagai wakilnya. Sedangkan Budiman wakil dari Muhammad Thoriq Husler.

Sebelum pelantikan bupati dan wakil bupati Luwu Timur terpilih, Thoriq Husler meninggal. Budiman pun dilantik sebagai kepala daerah.
Jelang Pilkada 2024 ini, petahana Bupati Budiman juga maju kembali dengan hampir pasti menggandeng Wakil Bupati Lutim yang juga politisi Golkar, Mochamad Akbar Andi Leluasa.
Pasangan ini pun telah mengantongi rekomendasi dari DPP PDIP.

Keduanya resmi diberi rekomendasi oleh PDI Perjuangan untuk kembali bertarung pada pemilihan Kepala Daerah Luwu Timur 2024.
Diketahui Budiman dan Akbar Andi Leluasa saat ini berstatus Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur.
Budiman sendiri merupakan Ketua PDIP Luwu Timur.

Seperti diketahui, PDIP, hanya bisa mengusung tanpa koalisi pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur. Jadi, mereka sudah aman untuk bertarung di pesta demokrasi lima tahunan tersebut. Selain Luwi Timur, juga Kabupaten Soppeng yang bisa mengusung sendiri tanpa koalisi.

Sementara itu, Irwan Baschri Syam (Ibas) juga telah mendapat rekomendasi dari DPP NasDem.
Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem memberikan surat rekomendasi bakal calon kepala daerah untuk 16 kabupaten/kota di Sulawesi Selatan, Sabtu, 1 Juni 2024.

Rekomendasi Partai NasDem diserahkan langsung Sekretaris Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai NasDem Willy Aditya kepada para bakal calon, di NasDem Tower, Jakarta. Penyerahan disaksikan Ketua Organisasi Kaderisasi Keanggotaan (OKK) DPP Rusdi Masse (RMS) sekaligus Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) NasDem Sulsel.

Ibas digadang akan berpaket dengan istri alm. Muhammad Thorig Husler, yakni Puspawati Husler.
Diketahui hasil Pileg 2024 lalu, Nasdem Lutim memperoleh tiga kursi di DPRD Lutim. Jumlah ini mengharuskan Nasdem untuk menggandeng parpol lain menggenapkan jumlah kursi sebanyak 6 kursi di parlemen Lutim. (idr)

  • Bagikan