Target Kuasai Luwu Raya, Nasdem Usung Arham, FKJ, dan Ibas

  • Bagikan

Di Pilkada 2024

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- DPP Partai NasDem menyerahkan rekomendasi kepada 18 calon bupati/walikota yang akan bertarung di Pilkada 2024 mendatang. Penyerahan rekomendasi tersebut berlangsung di Kantor DPP NasDem, Jakarta, Sabtu (01/06/2024).

Khusus untuk Pilkada Luwu Raya, partai besutan Surya Paloh ini menyerahkan rekomendasi kepada tiga figur. Rekomendasi diberikan kepada Farid Kasim Judas (FKJ) untuk Pilkada Palopo, Arham Basmin untuk Pilkada Luwu, dan Irwan Bachri Syam (IBAS) untuk Pilkada Luwu Timur. Targetnya ingin menguasai Luwu Raya.

Di Palopo, NasDem mengamankan enam kursi, sehingga tanpa berkoalisi dengan partai lain, NasDem bisa mengusung calon walikota/wakil walikota. Kondisi yang sama berlaku untuk Pilkada Luwu Timur.

IBAS, yang tercatat sebagai Ketua NasDem Luwu Timur, tidak perlu mencari koalisi partai untuk mendaftar di KPU. Di Luwu Timur, NasDem meraih enam kursi pada pemilu legislatif tahun ini.

Adapun di Luwu, dengan hanya memiliki enam kursi, NasDem harus mencari partai koalisi. Informasi yang dihimpun menyebutkan Arham Basmin, yang berpasangan dengan Rahmat Kapten, telah bersepakat dengan PKS yang memiliki satu kursi.

“Kami memberikan rekomendasi kepada mereka yang sudah dilakukan kajian dan pendalaman, bagi yang belum ya kita menunggu. Keputusan politik yang diberikan Partai Nasdem adalah sebuah keputusan politik yang rasional bagaimana probability kemenangan menjadi preferensi dalam pengambilan keputusan,” kata Willy, seperti dilansir di IG official_nasdem.

Surat rekomendasi ditandatangani Ketua Bappilu DPP Nasdem, Prananda Surya Paloh dan Sekretaris Bappilu DPP Nasdem, Willy Aditya.

Dalam daftar bakal calon untuk 18 daerah di Sulsel, terdapat sejumlah kader NasDem yang diusung sebagai calon untuk pemilihan bupati dan pemilihan wali kota. Di antaranya Sekretaris DPW NasDem Sulsel Syaharuddin Alrif, yang ditugaskan sebagai bakal calon bupati Sidrap.

''Yang diterima ini bersifat surat rekomendasi, ada yang berupa paket atau berpasangan, ada juga yang baru satu nama,'' ungkap Ketua DPW Nasdem Sulsel, Rusdi Masse.

Rusdi optimistis Nasdem bisa meraih hasil positif pada Pilkada November mendatang. Optimisme ini berkaca dari kemenangan Nasdem di Sulsel pada Pileg 2024 lalu.
“Apa yang diputuskan oleh DPP ini adalah kader kader yang punya perjuangan untuk kepentingan orang banyak. Kami sangat yakin akan menjadi pemenang di 18 daerah ini,” ujar dia.

Diketahui saat ini, Nasdem baru berjaya di Kabupaten Luwu, Kota Palopo, sedangkan di Luwu Utara dikuasai Golkar, dan di Luwu Timur dikuasai PDIP.(idr)

  • Bagikan