Begini Hitung-hitungan Timnas Indonesia Lolos ke Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 Setelah Kalah dari Irak: Harga Mati, Wajib Menang atas Filipina!

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Upaya Timnas Indonesia untuk lolos ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia Zona Asia, harus tertunda. Ini setelah, Asnawi Mangkualam cs menyerah 0-2 dari Irak dalam laga matchday kelima Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis, 6 Juni 2024.

Bagaimana peluang Tim Garuda untuk lolos ke putaran selanjutnya?

Timnas Indonesia yang menjamu Irak di SUGBK harus menyerah 0-2 dari tamunya. Gawang Ernando Ari kebobolan dua kali lewat eksekusi penalti Aymen Hussein pada menit ke-54 dan Ali Jassim pada menit ke-88.

Bahkan Tim Garuda harus bermain dengan 10 pemain setelah Jordi Amat dikartu merah oleh wasit Shaun Evans pada menit ke-59. Namun, satu yang pasti kekalahan Tim Garuda membuat mereka tertahan, tetap mengoleksi 7 poin dari 5 laga.

Timnas Indonesia tertinggal delapan poin dari Irak yang sudah memastikan diri lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Dengan hanya menyisakan satu pertandingan melawan Filipina, Tim Garuda tidak boleh terpeleset agar bisa lolos ke babak selanjutnya.

Lalu seperti apa hitung-hitungan agar Timnas Indonesia bisa memastikan diri lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia?

Indonesia mau tidak mau harus memenangkan duel terakhirnya dengan Filipina. Apalagi, Vietnam berhasil mengalahkan Filipina 3-2 dalam laga Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Pertandingan Vietnam vs Filipina bergulir di Stadion Nasional My Dinh, pada Kamis (6/6/2024).

Gol-gol Filipina tercetak melalui kontribusi Patrick Reichelt (62') dan Kevin Ingreso (89').

Kemenangan Vietnam atas Filipina tercipta lewat aksi dwigol Tien Linh (65', 76') serta Tuan Hai Pham (90+5').

The Golden Star Warriors, julukan Vietnam, berhasil memangkas jarak poin dengan Indonesia di klasemen Grup F.

Kini, tim besutan Sang-Sik Kim hanya terpaut satu poin dari timnas Indonesia yang menempati posisi kedua.

Dengan kondisi ini, laga matchday terakhir Indonesia pada 11 Juni 2024 akan menjadi penentu nasib antara Timnas Indonesia kontra Filipina nantinya.

Bisa juga Indonesia lolos jika pada partai terakhir Irak berhasil mengalahkan Vietnam yang akan berlangsung 12 Juni 2024 di kandang Irak mulai pukul 02.00 Wita.

PENENTU NASIB SENDIRI

Timnas Indonesia belum benar-benar aman untuk bisa lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Namun, apa pun hasilnya, Timnas Indonesia punya satu opsi pasti untuk bisa melangkah ke putaran selanjutnya, yaitu mengalahkan Filipina di pertandingan terakhir putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang digelar pada 11 Juni 2026 di Stadion Gelora Bung Karno.

Klasemen Sementara Setelah Timnas Indonesia Kalah dari Irak

Grup F

Negara Main Menang Seri Kalah SG Poin

1. Irak 5 5 0 0 14-1 15
2. Indonesia 5 2 1 2 6-8 7
3. Vietnam 4 1 0 3 5-7 6
4. Filipina 4 0  1 3 3-12 1. (*/net/pp)

  • Bagikan