Ini Waktu Puncak Ibadah Haji 2024, Berikut Jadwal dan Aturannya

  • Bagikan
--ilustrasi--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Puncak haji sebentar lagi. Sisa menghitung hari. Saat ini, rangkaian ibadah haji 2024 di Makkah, Arab Saudi tengah berlangsung.

Ibadah haji merupakan berkunjung ke Baitullah untuk melakukan ibadah pada Waktu dan cara tertentu bagi umat Islam yang mampu, baik secara fisik maupun finansial.

Dalam pelaksanaanya, rangkaian ibadah haji meliputi ihram, wukuf, tawaf, sai, dan tahalu l(mencukur rambut).

Rangkaian ibadah haji tersebut dilaksanakan secara tertib. Di mana wukuf menjadi puncak dan inti dari ibadah haji.

Inti pelaksanaan rukun Islam kelima ini adalah momen puncak ibadah haji atau wukuf.

Jadwal Puncak Ibadah Haji 2024

Dilansir dari Kementerian Agama (Kemenag), Wukuf merupakan puncak ibadah haji. Wukuf adalah salah satu rukun haji yang pelaksanaannya adalah berdiam diri (hadir) di Arafah.

Waktu pelaksanaan wukuf dimulai saat tenggelamnya matahari pada tanggal 9 Dzulhijjah dan berakhir pada tanggal 10 Dzulhijjah saat terbitnya fajar.

Wukuf di Arafah menjadi inti dari pelaksanaan ibadah haji.

Dalam pelaksanaannya, seluruh jemaah haji berwukuf dengan mengenakan satu warna dan satu jenis pakaian, yakni kain ihram berwarna putih.

Berdasarkan jadwal Rencana Perjalanan Haji 1445 H/2024 M oleh Kemenag, jadwal puncak ibadah haji atau wukuf di Arafah dijadwalkan hari Sabtu, 15 Juni 2024 atau 9 Dzulhijjah 1445 Hijriah.

Aturan Pelaksanaan Puncak Ibadah Haji 2024

Dikutip dari Panduan Tuntunan Manasik haji dan Umrah oleh Kemenag, berikut aturan pelaksanaan puncak ibadah haji 2024 atau Wukuf di Arafah.

  • Wukuf dilaksanakan setelah khutbah wukuf dan salat jamak qashar taqdim Dzuhur serta Ashar
  • Wukuf dilaksanakan dalam suasana khusyu', tenang, dan tawadhu' kepada Allah Swt
  • Wukuf dapat dilaksanakan secara berjamaah atau sendiri-sendiri
  • Selama wukuf, jemaah memperbanyak dzikir, salawat, istighfar, dan berdoa sesuai sunnah Rasulullah saw
  • Seseorang tidak dipersyaratkan suci dari hadas besar maupun kecil (wanita yang sedang haid atau nifas boleh melaksanakan wukuf)
  • Jemaah haji yang sakit dan berada dalam perawatan di rumah sakit atau KKHI serta memungkinkan di bawa ke Arafah bisa melaksanakan wukuf melalui proses safari Wukuf

Lebih lanjut, ada dokumen yang diperlukan saat Wukuf di Arafah, seperti Paspor dan Visa Haji serta Smart Card Jemaah Haji. (dis/pp)

  • Bagikan