BPSPL Makassar Kolaborasi KK LAWARANI Palopo Bersih Pantai dari Sampah di Songka

  • Bagikan
  • Berhasil Kumpulkan 700 Kg Sampah

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID PALOPO -- Pada Ahad 9 JUni 2024, dalam rangka peringatan Hari Laut Sedunia dan Hari Coral Triangle Day di Pantai Songka, Kecamatan Wara Selatan, Kota Palopo, BPSPL Makassar berkolaborasi dengan kelompok konservasi LAWARANI Palopo, melakukan beberapa agenda kegiatan. Antara lain sosialisasi tentang penaganan sampah plastik dan aksi bersih pantai.

Kegiatan ini diikuti oleh Kelompok Konservasi (KK) LAWARANI, PSDKP Pos Palopo, Mahasiswa Fakultas Perikanan UNANDA, kelompok Pecinta Alam Gempa Sawerigading, Kelompok pecinta alam HIMALAVANA dan warga sekitar. Kegiatan ini mengusung tema Balancing Marine Conservation and Blue Economy.

Dedy Asriady Uly selalu ketua Kelompok Konservasi LAWARANI mengatakan maksud dari kegiatan ini adalah mengajak semua kalangan khusus pemuda agar pentingnya menjaga ekosistem laut dan pantai, perlu di ketahui bahwa sampai plastik yang ada di laut dan pantai diperkirakan mencapai 8 juta metrik per tahun. Masalah sampah ini sangat berpengaruh pada ekosistem laut hingga upaya untuk membersihkan sampai plastik yg ada di laut dan pantai menjadi tanggung jawab kita semua.

Kegiatan dimulai pukul 08.00 kegiatan dimulai dengan sosialisasi penaganan sampah plastik, sekitar 9.00 Wita dilanjutkan dengan kegiatan bersih pantai, melaksanakan aksi bersih pantai yang diikuti oleh sekitar 50 orang terdiri dari anak-anak dan orang dewasa, dengan hasil sampah 30 kantong trasbag yang diperkirakan berat total kurang lebih 700 kg sampah. (idr)

  • Bagikan