Nah! Ada Apa, Golkar Buka Peluang Usung Non Kader di Pilgub Sulsel, NH Kode Keras Taufan Pawe

  • Bagikan
Nurdina Halid-Taufan Pawe. --fjr--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Partai Golkar kini segera mengambil sikap soal siapa yang akan diusung pada pemilihan Gubernur Sulsel 27 November 2024 mendatang.

Saat ini, tercatat ada empat kader yang dipersiapkan DPP Golkar untuk bertarung mendapatkan tiket maju sebagai calon gubernur Sulawesi Selatan 2024. Mereka diantaranya Taufan Pawe, Adnan Purichta Ichsan, Ilham Arief Sirajuddin, dan Indah Putri Indriani.

Menurut Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar, Nurdin Halid, sejauh ini hanya dua kader Golkar yang aktif bekerja dalam meningkatkan elektabilitasnya, dia adalah Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani dan Eks Wali Kota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin.

"Efektif bekerja ada dua, Indah dan Ilham (IAS)," beber Nurdin Halid kepada wartawan, Minggu, 9 Juni 2024 malam.

Ketua IKA UNM mempertanyakan sikap Ketua Golkar Sulsel Taufan Pawe di Pilgub Sulsel. Mengingat kata dia, dalam sejarah, ketua Golkar Sulsel selalu berada di arena Pilgub.

Menurut anggota DPR RI terpilih itu, jika memang Taufan Pawe serius maju di Pilgub maka harus aktif bekerja untuk meningkatkan elektabilitasnya dan bersaing dengan kandidat lain.

"Mendorong TP kalau ingin maju gubernur segera menyatakan sikap,"kata mantan Ketum PSSI itu.

"Untuk menjaga marwah harus kerja dari sekarang, untuk meningkatkan survei," tegasnya lagi.

Dia menambahkan, keempat kandidat calon gubernur yang diusung Golkar masih terbaca dalam survei internal partai. Sehingga mereka harus segara bekerja untuk meningkatkan elektabilitasnya.

Waketum DPP Golkar, Ahmad Doli Kurnia mengungkapkan, partainya berencana untuk menentukan calon gubernur sebelum masa pendaftaran calon kepala daerah ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) dimulai.

Berdasarkan jadwal yang ditetapkan KPU RI, pendaftaran pasangan calon (paslon) mulai dibuka 27-29 Agustus 2024.

"Golkar bakal mengeluarkan keputusannya menjelang pendaftaran calon kepala daerah ke KPU," ujar Ahmad Doli di Hotel Gammara Makassar, Minggu (2/6/2024) malam.

Dalam proses penjaringan calon gubernur, kata Ahmad Doli, DPP Golkar sedang mencermati, memonitor nama-nama yang selama ini sudah masuk.

Di samping itu, Golkar juga mempertimbangkan nama-nama baru yang memiliki kedekatan dengan Golkar.

Apalagi jika figur tersebut bersedia jadi kader Golkar, maka peluangnya terbuka lebar untuk diusung.

Ahmad Doli Kurnia Tandjung juga menegaskan bahwa Partai Golkar akan tetap memprioritaskan kader dan pimpinan partai dalam penjaringan calon gubernur Sulsel.

Figur yang bukan kader Golkar hanya akan dipertimbangkan jika memiliki komitmen yang kuat untuk memperjuangkan kepentingan rakyat dan partai.

"Pokoknya selama yang bersangkutan adalah kader Golkar, itu menjadi prioritas kita yang utama. Dan siapa yang punya komitmen untuk bersama-sama memperjuangkan kepentingan rakyat dan Golkar," kata Ahmad Doli.

"Sekarang, masih nama Pak Taufan Pawe, Adnan Purichta Ichsan, Ilham Arief Sirajuddin, dan Indah Putri Indriani. Nah ini sekarang yang sedang kita cermati nama-namanya," tandasnya. (fjr/pp)

  • Bagikan