Sudah 204.674 CJH Indonesia Tiba di Arab Saudi, Ini Jumlah Jemaah Asal Indonesia yang Meninggal dan Sakit

  • Bagikan

Ilustrasi jemaah haji

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MEKAH-- Dilaporkan calon jemaah haji asal Indonesia yang sudah tiba di Tanah Suci berjumlah 204.674 orang. Dan, menjelang memasuki puncak ibadah haji 2024, puluhan jemaah asal Indonesia dilaporkan mengalami gangguan kesehatan hingga harus menjalani perawatan.

Para jemaah haji asal Indonesia itu menjalani perawatan di Klinik Kesehatan Haji Indonesia hingga rumah sakit di Arab Saudi. Hingga Minggu (9/6), jumlah jemaah asal Indonesia yang dilaporkan sakit mencapai 67 orang. 66 orang di antaranya dirawat di Makkah, sedangkan satu jamaah lain di Jeddah.

Selain puluhan jemaah haji Indonesia dilaporkan menderita sakit, puluhan lainnya juga dilaporkan telah berpulang ke rahmatullah. Jumlah jemaah yang meninggal sejak proses pelaksaan ibadah haji saat saat ini tercatat 64 orang.

Khusus yang sakit, dari jumlah itu, mayoritas jamaah yang sedang dirawat di KKHI maupun rumah sakit adalah jeamaah dari Embarkasi Surabaya (SUB), mencapai 19 jemaah. Disusul embarkasi Solo dan Jakarta Bekasi.

"Berdasarkan laporan PPIH Arab Saudi pada Minggu 9 Juni pukul 02.00 Wita, jemaah haji yang sudah sampai di Tanah Suci berjumlah 204.674 orang yang terbagi dalam 521 kloter," kata Anggota Media Center Haji (MCH) Kementerian Agama (Kemenag) Widi Dwinanda, dalam keterangan persnya, Minggu, 9 Juni 2024.

Sedangkan jemaah haji yang wafat berjumlah 64 orang. Kebanyakan dari mereka meninggal di makkah. Berikut rinciannya:

Wafat di embarkasi berjumlah 4 orang
Wafat di Madinah berjumlah 16 orang
Wafat di Makkah berjumlah 41 orang
Wafat di bandara berjumlah 3 orang

Jadwal Keberangkatan Jemaah Haji RI, Minggu 9 Juni 2024

Hari ini, Minggu 9 Juni 2024 Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) akan memberangkatkan 5.605 jemaah haji ke Bandara King Abdul Aziz di Jeddah. Mereka terdiri dari 14 kloter.

Berikut rinciannya:

Embarkasi Makassar (UPG) sebanyak 455 jemaah / 1 kloter
Embarkasi Jakarta Bekasi (JKS) sebanyak 875 jemaah / 2 kloter
Embarkasi Medan (KNO) sebanyak 353 jemaah / 1 kloter
Embarkasi Aceh (BTJ) sebanyak 393 jemaah / 1 kloter
Embarkasi Batam (BTH) sebanyak 449 jemaah / 1 kloter
Embarkasi Kertajati (KJT) sebanyak 440 jemaah / 1 kloter
Embarkasi Aceh (BTJ) sebanyak 393 jemaah / 1 kloter
Embarkasi Surabaya (SUB) sebanyak 1.484 jemaah / 4 kloter
Embarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG) sebanyak 440 jemaah / 1 kloter
Embarkasi Balikpapan (BPN) sebanyak 323 jemaah / 1 kloter

Pemberangkatan jemaah haji dari Tanah Air ke Tanah Suci akan berlangsung hingga, 10 Juni 2024. Setelah semua jemaah tiba di Makkah, mereka baru akan bergerak ke Arafah pada 14 Juni 2024.

Panitia Penyelengara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi sudah menyiapkan sejumlah kebijakan terkait layanan terhadap para jamaah yang wafat maupun saat ini dalam kondisi sakit. Termasuk layanan lanjutan ibadah.

Pembimbing Ibadah (Bimbad) PPIH Arab Saudi daker Madinah, KH Aswadi, menjelaskan, untuk para jamaah asal Indonesia yang meninggal, mereka akan dibadalhajikan. ”Saat ini, tengah disiapkan petugas yang ditugaskan untuk melaksanakan badal haji,” katanya dikutip dari jawapos.

Sementara itu, untuk jamaah yang saat ini terbaring sakit, ada beberapa skenario yang disiapkan untuk memfasilitasi mereka bisa melaksanakan ibadah di masa puncak haji di Armuzna (Arafah Muzdalifah Mina). ”Skenario itu didasarkan pada kondisi mereka,” katanya.

Jika kondisi jamaah sakit itu belum memungkinkan untuk menjalani ibadah Armuzna, tapi masih memungkinkan dimobilisasikan, mereka akan mengikuti safari wukuf. Yakni melintas sejenak di Arafah untuk melaksanakan wukuf, yang notabene adalah ibadah paling inti dari haji.

”Setelah itu, mereka kembali ke tempat asalnya,” katanya.

Safari wukuf juga berlaku untuk jamaah haji yang masuk kategori lansia serta risiko tinggi (risti). Pertimbangannya, jika mereka mengikuti ibadah Armuzna secara normal, rawan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Sementara itu, bagi pasien yang secara fisik tidak memungkinkan untuk diikutkan safari wukuf, petugas haji juga akan membadalhajikan jemaah tersebut. (fajar/pp)

  • Bagikan