Indonesia Lolos ke Babak Ketiga Kualifikasi Babak Ketiga Piala Dunia Zona Asia Usai Bantai Filipina 2-0

  • Bagikan

Kapten Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam saat menghadang laju serangan pemain Filipina.

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Akhirnya Timnas Indonesia memastikan lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Kepastian ini didapat usai timnas menang 2-0 atas Filipina. Gol-gol itu tercipta dari Thom Haye dan Rizky Ridho.

Asnawi Mangkualam cs menghadapi Filipina di Stadion Gelora Bung Karno, Selasa, 11 Juni 2024 malam Wita dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Timnas butuh kemenangan untuk menyegel langsung kelolosan ke babak ketiga.

Dan, tiga poin itu menjadi kenyataan. Diawali gol Thom Haye pada menit ke-32. Rizky Ridho menggandakan keunggulan timnas pada menit ke-56

Hasil ini memastikan Indonesia lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 tanpa menunggu hasil Irak vs Vietnam. Dengan 10 poin, timnas tak akan terkejar lagi oleh Vietnam yang baru mengumpulkan enam poin menuju laga lawan Irak.

Pada partai ini, Indonesia langsung menerapkan pressing tinggi sejak kick off.

Sejumlah peluang-peluang indah diperagakan Marselino Ferdinan dkk, namun tidak mampu dikonversi menjadi gol.

Terlihat, Thom Haye merangsek dari kanan pada menit keenam, lalu memberi umpan tarik ke Ragnar Oratmangoen. Namun bola diblok oleh bek Filipina.

Haye kembali beraksi di kanan dua menit berselang, kali ini menerima sodoran dari Asnawi Mangkualam. Umpan silangnya ditanduk oleh Marselino dan masih tepat ke arah kiper Kevin Ray Mendoza.

Sebuah sepakan keras dari Calvin Verdonk dari sudut sempit di sisi kiri belum mengarah ke gawang. Bola meluncur deras ke atas.

Peluang emas buat Indonesia pada menit ke-28. Umpan silang Rafael Struick disambar Verdonk di tiang jauh, tapi masih bisa dihalau kiper dengan kaki!

Tak lama berselang, Marselino coba menusuk dan melepas tembakan dari tengah. Belum membuahkan hasil. Sundulan Justin Hubner dari sepak pojok juga cuma menyamping saja.

GOL! Indonesia memimpin pada menit ke-32. Timnas merebut bola di area tengah, lalu dialirkan ke Thom Haye. Haye lantas melepaskan sepakan terukur ke pojok kanan gawang dari depan kotak penalti.

Ragnar Oratmangoen melakukan sepakan spekulatif dari luar kotak penalti pada menit ke-42. Masih melesat ke atas mistar gawang saja. Skor 1-0 bertahan sampai babak pertama berakhir.

Timnas langsung menggebrak selepas rehat. Oratmangoen gagal menyambar bola di depan gawang, demikian pula pada kesempatan kedua saat Verdonk mengirim umpan.

Sebuah percobaan dari Jesper Nyholm hampir mengancam Indonesia. Bola masih berakhir di samping gawang.

Indonesia mencetak gol kedua pada menit ke-56. Tendangan bebas Nathan Tjoe-A-On disambar sundulan Rizky Ridho di depan gawang dan menaklukkan kiper.

Indonesia nyaris mencetak gol ketiga pada menit ke-71. Hanya saja sundulan Jay Idzes menyambut sepak pojok cuma membentur tiang gawang.

Timnas Indonesia terus mengontrol permainan. Hanya saja, skor tak berubah lagi sampai peluit panjang dibunyikan wasit.

Sudah 14 Negara Lolos

Saat ini, sudah ada 14 negara yang lolos. Itu berarti masih ada empat slot tersisa yang akan ditemukan pada Rabu 12 Juni 2024 dini hari Wita.

Sebanyak empat slot ini diperebutkan India, Afghanistan, Kuwait, Suriah, Korea Utara, China, Thailand Kirgistan, dan Malaysia.

Nantinya, setelah 18 negara telah ditemukan, 18 negara ini akan dibagi ke dalam tiga grup, yang masing-masing grupnya berisikan enam negara. Masing-masing timnya nantinya akan melakoni lima laga kandang dan tandang.

Tim-tim yang finis di posisi satu dan dua di masing-masing grup (6 negara) berhak lolos ke Piala Dunia 2026. Sementara itu, tim-tim yang finis di posisi tiga dan empat masing-masing grup (6 negara) akan melanjutkan kiprah di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Sebelum drawing dilakukan, AFC akan membagi tim-tim peserta ke dalam enam pot, yang mana masing-masing potnya berisikan tiga negara. Penentuan pot ini berdasarkan ranking FIFA Juni 2024 atau ranking terbaru yang dirilis 20 Juni 2024.

Timnas Indonesia sendiri berpeluang satu grup dengan Thailand (pot 5). Thailand berpeluang lolos ke babak ketiga, mengingat hanya menjamu Singapura di laga pamungkas Grup C.

Theerathon Bunmathan dan kawan-kawan disinyalir bakal menang telak atas Singapura.

Thailand lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia jika menang selisih tiga gol atas Singapura, sambil berharap di laga lain China tumbang dari Korea Selatan.

Selain Timnas Thailand, ada tiga negara lain yang diprediksi mengisi tiga slot tersisa. Mereka ialah Kuwait, Korea Utara, dan Kirgistan. Kuwait hanya perlu menang saat menjamu Afghanistan, mengingat di laga lain India tandang ke markas Qatar.

Sementara Korea Utara hanya perlu menang atas Myanmar. Di saat bersamaan, Suriah selaku pesaing Korea Utara Berpotensi gagal lolos ke babak ketiga karena di laga pamungkas  tandang ke Jepang.

Terakhir, Kirgistan hanya perlu hasil imbang atau tidak kalah telak saat tandang ke markas Oman untuk melaju ke babak selanjutnya.

Berikut Prediksi pembagian pot drawing babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia:

Pot 1:

Jepang
Iran
Korea Selatan

Pot 2

Australia
Qatar
Arab Saudi

Pot 3

Irak
Uzbekistan
Uni Emirat Arab

Pot 4

Yordania
Oman
Bahrain

Pot 5

Palestina
Kirgistan
Thailand

Pot 6

Korea Utara
Indonesia
Kuwait

Pemain Timnas Indonesia vs Timnas Filipina

Indonesia: 21-Ernando Ari; Asnawi Mangkualam (6-Sandy Walsh 83'), 3-Jay Idzes, 23-Justin Hubner, 5-Rizky Ridho, 4-Calvin Verdonk (Pratama Arhan 67'); 22-Nathan Tjoe-A-On (Ivar Jenner 63'), 19-Thom Haye, 7-Marselino Ferdinan, 11-Ragnar Oratmangoen (Dimas Drajad 83'); 9-Rafael Struick (Yakob Sayuri 63')

Filipina: 15-Kevin Ray; 18-Jesper Nyholm, 17-Adrian Ugelvik, 21-Santiago Colminas, 2-Scott Woods; 6-Kevin Ingreso, 8-Michael Baldisimo, 14-Alex Monis, 20-Zico Bailey, 7-Dylan Demuynck; 9-Patrick Reichelt

  • Bagikan