Berikut 18 Tim yang Lolos dan Jadwal Kualifikasi Piala Dunia 2026 Ronde 3 AFC

  • Bagikan
Skuad timnas Indonesia. --pssi--

Timnas Indonesia.

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 ronde 2 Zona AFC (Asia), usai sudah.

18 negara pun berhak bertarung pada Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia, termasuk di dalamnya Indonesia.

Adapun jadwal Kualifikasi Piala Dunia 2026 ronde 3 Zona AFC (Asia), akan bergulir mulai 5 September 2024 sampai 10 Juni 2025.

Babak kualifikasi putaran 3 menjadi langkah tercepat bagi tim-tim Asia, untuk mengejar tiket lolos otomatis ke putaran final Piala Dunia 2026 di Kanada, Meksiko, dan Amerika Serikat.

Zona Asia atau AFC bisa dibilang memiliki fase terpanjang dalam ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Jika dihitung sejak awal, maka ada 5 putaran di kualifikasi zona AFC. Itu masih ditambah dengan babak playoff antar konfederasi untuk memperebutkan tiket terakhir ke Piala Dunia 2026.

Jika semua skenario berjalan lancar, Zona Asia berpeluang meloloskan 9 wakil ke Piala Dunia 2026. Jumlah tersebut terdiri 8 tim lolos dari kualifikasi AFC, kemudian 1 tiket lainnya berpeluang diperoleh dari babak playoff melawan tim dari konfederasi lain.

Putaran 1 kualifikasi AFC dimulai sejak Oktober 2023 lalu. Ketika itu Timnas Indonesia harus berjuang bersama 19 tim lain yang memiliki ranking FIFA papan bawah.

Di babak tersebut Indonesia menang agregat 12-0 atas Brunei Darussalam.

Hasil kontra Brunei mengantar Timnas Indonesia lolos ke putaran 2, yang berlangsung hingga Rabu, 12 Juni 2024. Di kualifikasi ronde 2 ada 9 grup, yang masing-masing dihuni 4 tim. Nantinya 2 tim teratas di masing-masing grup berhak lolos ke putaran 3, alias menyisakan 18 tim saja.

Format kualifikasi putaran 3 kembali dibagi ke dalam 3 grup berbeda, artinya tiap grup diisi 6 tim. Nantinya 2 tim teratas masing-masing grup (6 tim) berhak lolos otomatis ke Piala Dunia 2026.

Kemudian peringkat 3 dan 4 masing-masing grup akan melanjutkan perjuangan di kualifikasi putaran 4. Sementara 2 tim terbawah di putaran 3 otomatis gugur.

Kualifikasi ronde 4 Piala Dunia 2026 Zona Asia akan diikuti 6 tim, yang lantas dibagi dalam 2 grup (masing-masing diisi 3 tim). Hanya juara grup (2 tim) di putaran 4 yang berhak lolos ke Piala Dunia 2026.

Tim runner-up (2 tim) dalam grup putaran 4 masih punya kans lolos ke Piala Dunia 2026. Mereka akan bertarung untuk memperebutkan 1 tiket ke babak playoff antarkonfederasi.

Fase playoff diisi 6 tim dari perwakilan konfederasi kecuali UEFA (Eropa). Format yang digunakan adalah 2 dari 6 tim tersebut akan berstatus unggulan berdasarkan ranking dunia. Sedang 4 tim lain bermain dengan sistem single match.

Dua tim pemenang akan bertemu tim unggulan. Di fase playoff akan ada 2 tim yang mendapat 2 tiket terakhir menuju Piala Dunia 2026.

Babak playoff kabarnya akan dimainkan di negara tuan rumah Piala Dunia 2026, sekaligus jadi tes kesiapan tuan rumah jelang putaran final Piala Dunia 2026.

Kini, sudah lengkap 18 tim yang sudah dipastikan lolos ke ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona AFC.

Dari Grup A, Timnas Qatar melaju sebagai yang teratas disusul Timnas Kuwait. Sementara di Grup B, dua unggulan yakni Timnas Jepang (juara grup) dan Timnas Korea Utara melenggang ke fase berikutnya.

Bergeser ke Grup C, Timnas Korea Selatan tampil sebagai juara grup dengan nilai 16. Mereka ditemani Timnas China yang unggul head to head dari Timnas Thailand di posisi dua.

Dari Grup D, Timnas Oman melesat sebagai juara grup. Mereka akan ditemani oleh Timnas Kirgistan yang menyisihkan Timnas Malaysia dengan selisih hanya satu poin secara dramatis di laga terakhir.

Grup E akan diwakili oleh Timnas Iran dan Timnas Uzbekistan. Kedua tim bahkan sudah memastikan diri lolos ke babak berikutnya sejak matchday empat ketika sama-sama meraup 10 angka.

Timnas Indonesia akhirnya lolos ke putaran tiga sebagai runner-up Grup F! Anak asuh Shin Tae-yong menemani Timnas Irak yang melaju ke babak berikutnya dengan nilai sempurna 18 dari enam laga.

Di Grup G, Timnas Yordania dan Timnas Arab Saudi maju sebagai perwakilan. Sementara, Grup H mengirimkan Timnas UEA dan Timnas Bahrain. Lalu, Timnas Australia ditemani Timnas Palestina dari Grup I.

Tak hanya ke putaran ketiga, seluruh tim yang lolos dipastikan merebut satu tiket otomatis ke Piala Asia 2027 di Arab Saudi.

Sementara, drawing babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 akan dilangsungkan pada 27 Juni 2024 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Berikut 18 Negara yang Lolos ke Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia dan Piala Asia 2027:

Grup A: Timnas Qatar, Timnas Kuwait
Grup B: Timnas Jepang, Timnas Korea Utara
Grup C: Timnas Korea Selatan, Timnas China
Grup D: Timnas Oman, Timnas Kirgistan
Grup E: Timnas Iran, Timnas Uzbekistan
Grup F: Timnas Irak, Timnas Indonesia
Grup G: Timnas Arab Saudi, Timnas Yordania
Grup H: Timnas Uni Emirat Arab, Timnas Bahrain
Grup I: Timnas Australia, Timnas Palestina. (*/net/pp)

  • Bagikan