Malaysia, Vietnam, dan Thailand Tersingkir dari Kualifikasi Piala Dunia

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, KUALALUMPUR-- Harapan Timnas Malaysia untuk lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia kandas.

Padahal, asa itu menyala usai Malaysia menang atas Taiwan. Yah, ternyata tak cukup membawa mereka lolos. Musababnya, karena Kyrgyzstan berhasil menahan imbang Oman.

Bermain di Stadion Bukit Jalil, Selasa, 11 Juni 2024, Malaysia menang 3-1 berkat gol-gol dari Safawi Rasid pada menit ke-53, Paulo Josue (69'), dan Adib Ra'op pada injury time babak kedua. Taiwan sempat memimpin lewat gol Yu Yao-hsing (20'), namun akhirnya takluk.

Hasil itu membuat Malaysia mengakhiri klasemen Grup D dengan 10 poin hasil tiga kemenangan dan sekali seri. Sehingga, mereka hanya menempatkan di posisi ketiga. Sebab beberapa jam setelahnya, Kyrgyzstan menahan Oman 1-1 di Muscat.

Hasil tersebut membuat Kyrgyzstan finis di urutan kedua dengan 11 poin, sedangkan Oman lolos sebagai juara grup dengan 13 poin. Harimau Malaya pun harus gigit jari.

Malaysia mengikuti jejak Thailand dan Vietnam yang tersisih di laga terakhir penyisihan grup putaran kedua.

Seperti dua tetangganya, mereka pun gagal lolos langsung ke Piala Asia 2027 karena dua tim yang finis teratas di tiap grup dalam putaran kedua kualifikasi otomatis mendapat tiket.

Yang menarik juga adalah Timnas Thailand. Padahal, sebelumnya, Thailand dan Vietnam merupakan wakil Asia Tenggara yang biasa melaju jauh di ajang Kualifikasi Piala Dunia.

Thailand tercatat lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Asia. Sementara itu, Vietnam melaju ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Namun, di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Thailand maupun Vietnam gagal lolos ke babak ketiga. Vietnam harus rela finis di posisi tiga Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia dengan koleksi enam angka.

Vietnam terpaut empat angka dari Timnas Indonesia di posisi dua. Finis di posisi dua Grup F membuat Timnas Indonesia ambil bagian di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Sekaligus mengunci tempat di Piala Asia 2027.

Golden Star Warriors -julukan Timnas Vietnam kalah telak 3-1 atas Irak dini hari tadi.

Bagaimana dengan Thailand? Thailand tersingkir secara dramatis. Theeraton Bunmathan dan kawan-kawan finis di posisi tiga Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia dengan koleksi 10 angka. (*/net/pp)

  • Bagikan