Perhatikan, Ini Lho yang Kerap Bikin AC di Rumah Cepat Rusak

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Ingin mesin Air Conditioner (AC) di rumah tetap awet? Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

AC adalah alat elektronik yang memiliki umur tersendiri. Pada umumnya, AC bisa bertahan hingga 15 tahun. Namun, tentunya umur dari sebuah alat elektronik juga bisa diperpendek oleh faktor lainnya, termasuk dari kesalahan pengguna.

Nah, bagi kamu yang punya AC di rumah, sebaiknya kamu simak beberapa hal di bawah ini yang bisa membuat AC di rumah kamu jadi lebih mudah rusak.

Lalu, hal-hal apa saja yang bisa membuat AC jadi mudah rusak?

Seperti dikansir rd.com, ada beberapa faktor pengguna yang bisa membuat AC di rumah jadi semakin cepat rusak. Berikut ringkasannya.

1. Jarang Membersihkan Filter AC

Nah, seiring berjalannya waktu, tentunya kotoran debu bisa menyumbat filter AC. Hal ini tentunya bisa mempengaruhi efisiensi AC dan membuat mesinnya bekerja jauh lebih berat dari biasanya.

Chief Operating Officer One Hour Heating & Air Conditioning, Mark Dawson menyarankan bahwa sebaiknya kamu rutin membersihkan filter AC setidaknya setiap satu hingga tiga bulan sekali. Apalagi bila kamu adalah seorang perokok atau memiliki hewan peliharaan di dalam rumah, sebaiknya kamu harus lebih rajin lagi membersihkan filter di rumah AC kamu.

2. Meletakkan AC Luar di Tempat Sempit/Tersembunyi

Terungkap, ternyata kebanyakan orang selalu meletakkan AC luar di tempat yang sulit untuk terlihat agar tidak mengganggu pemandangan rumah. Tapi, nyatanya ini adalah hal yang sangat salah.

Menurut Dawson, AC luar yang tertutup justru bisa membuat AC semakin cepat rusak. Hal ini dikarenakan udara yang dihembuskan AC luar jadi terhalang, bahkan bisa terjadi penyumbatan pada sistem ventilasinya.

Menurutnya, AC luar seharusnya memiliki jarak setidaknya 30 cm, dari tembok atau hambatan lainnya.

3. Pemakaian Berlebihan

Ini juga harus menjadi perhatian. Pemakaian AC yang berlebihan, tentu bisa membuat mesin AC kelelahan dan bisa membuat umurnya semakin pendek. Oleh karena itu, pastikan bahwa AC di rumah kamu tidak ditinggalkan dalam keadaan menyala saat kamu bepergian.

4. Meletakkan Sumber Panas di Sekitar AC

Tujuan dari AC adalah untuk mendinginkan suhu ruangan. Tentunya ini sangat bertolak belakang dengan alat yang menimbulkan panas seperti lampu, TV, dan sebagainya.

Maka dari itu, sebaiknya kamu tidak meletakkan alat atau sumber panas terutama di sekitar thermostat dari AC tersebut.

5. Terlambat Melakukan Servis atau Perawatan

Akui saja, pasti kamu sering meremehkan servis rutin dari sebuah AC. Sebenarnya jadwal servis rutin AC itu sangat penting dilakukan supaya AC bisa terus bertahan pada kondisi primanya hingga bertahun-tahun.

Kebanyakan dari AC yang rusak biasanya diakibatkan oleh dibiarkannya sebagian kecil mesin yang rusak. Hal ini bisa mengakibatkan bagian mesin lainnya untuk ikut rusak juga.

6. Memasang AC yang Terlalu Besar Untuk Ruangan

Memang benar, memasang AC dengan daya dingin lebih besar daripada ukuran ruangan tersebut pasti bisa membuat ruangan tersebut jauh lebih cepat dingin. Namun, kamu juga perlu ketahui bahwa hal ini juga akan mempengaruhi cara kerja AC tersebut.

Menurut Dawson, jika AC mendinginkan ruangan terlalu cepat, maka AC akan lebih sering menyala dan mati. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada sistem AC tersebut.

7. Mengatur Suhu Terlalu Rendah

Ketika musim panas, tentu kita selalu tergoda untuk terus menurunkan angka suhu pada AC kita. Tapi perlu kamu ketahui bahwa pengaturan suhu yang terlalu rendah bisa membuat AC bekerja terlalu keras, apalagi bila cuaca sedang panas.

Menurut Dawson, standar suhu untuk ditetapkan pada AC kamu cukup 11°C atau 20°F lebih rendah dari suhu luar ruangan saja. Bila lebih dari itu, justru AC akan bekerja terus menerus karena AC akan kesulitan untuk mencapai angka suhu tersebut.

8. Ingin Ruangan Cepat Dingin

Ketika kamu menyalakan AC untuk pertama kalinya, cobalah untuk bersabar dan tidak memaksa AC untuk cepat mendinginkan suhu ruangan dengan mengatur suhu serendah mungkin.

Nah, itu delapan hal yang perlu kamu hindari ketika menggunakan AC, supaya AC di rumah kamu jadi semakin awet. (*/net/pp)


  • Bagikan