Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PLN UP3 Palopo bersama FORKOPIMDA Palopo Melakukan Penanaman Mangrove dan Bersih-bersih Pantai

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID PALOPO -- Dalam Rangka memperingati Hari Lingkungan Sedunia dengan Tema “Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan”, Dinas Lingkungan Hidup Kota Palopo menggelar kegiatan Penanaman Pohon Mangrove dan bersih - bersih Pantai yang berlokasi di Pantai Songka, Kelurahan Takkalala, Kecamatan Wara Selatan Kota Palopo.



Kelapa Dinas Lingkungan Hidup Kota Palopo, Emil Nugraha Salam, S.STP., MM., mengatakan, peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dilaksanakan setiap tanggal 5 Juni setiap tahunnya.


“Tercatat ada tiga agenda yang akan dilaksanakan pada peringatan ini yakin lomba mewarna dengan jumlah peserta sebanyak 96 orang terdiri dari tingkat TK dan tingkat SD. Donor Darah yang telah dilaksanakan Tanggal 9 Juni 2024,” kata Emil Nugraha.

Kemudian, kata Emil, hari ini pelaksanaan penanaman mangrove dan bersih - bersih pantai serta pelaksanaan pemilihan duta lingkungan yang akan dilaksanakan pada bulan Juli tahun 2024.



Pejabat Walikota Palopo, Asrul Sani, SH, M.SI mengatakan kondisi bumi saat ini cukup memprihatinkan karena sekarang cuaca sudah tidak menentu akibat pemanasan global. 



“Pohon berperan penting dalam meredam gas rumah kaca yang menjadi penyebab utama pemanasan global dan perubahan iklim. Pohon berfungsi menyimpan karbon yang menjadi sumber utama penyebab pemanasan global” Lanjut Asrul Sani.



Rathy Shinta Utami, Manajer PLN UP3 Palopo yang juga turut hadir melakukan kegiatan ini juga menyampaikan bahwa PLN terus melakukan transisi energi dalam menghadapi perubahan iklim. PLN juga siap berkolaborasi dengan seluruh pihak guna mengurangi emisi karbon C02 yang menjadi penyebab pemanasan global.



Lalu, kata Rathy, dukungan kita sebagai masyarakat untuk mengurangi emisi karbon adalah dengan beralih menggunakan Kompor Induksi dan Kendaraan motor ataupun sepeda listrik. Langkah ini sebagai upaya kita mendukung pemerintah Indonesia untuk mencapai target net zero emission 2060.(rls/idr)

  • Bagikan