KPU Tana Toraja Luncurkan Si Kopi Jadi Maskot Pilkada 2024

  • Bagikan

Peluncuran maskot Si Kopi untuk Pilkada Tana Toraja tahun 2024 oleh KPU Tana Toraja di Hotel Puri Artha, Jalan Pongtiku, Kecamatan Makale, Kamis (13/6/2024). --risna--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TANA TORAJA - Kopi menjadi maskot Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tana Toraja tahun 2024.

Maskot Si Kopi diluncurkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tana Toraja untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Hotel Puri Artha, Jalan Pongtiku, Kecamatan Makale, Tana Toraja, Kamis (13/6/2024).

Dihadiri Forkopimda Tana Toraja, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, pengurus Partai Politik, Kepala OPD terkait, jajaran organisasi kepemudaan, anggota PPK se kabupaten dan tamu undangan lainnya.

Pada sambutannya Ketua KPU Tana Toraja, Berthy Paluangan menjelaskan maskot Pilkada kali ini adalah kopi yang dapat dipanggil Si Kopi.

Diketahui pada Pilkada 2020, maskot digunakan adalah cabai katokkon yang berasal dari Toraja.

“KOPI ada kepanjangannya yaitu Kredibilitas, Optimisme, Profesionalitas dan Integritas yang diharapkan dapat menciptakan Pilkada aman dan damai,” kata Berthy.

Lanjutnya menjelaskan bahwa, Pilkada 2024 melibatkan semua stakeholder yang memiliki peran penting salam melaksanakan penyelenggaraan Pemilu dan mengajak instansi maupun organisasi agar bersama-sama melihat serta melupakan ego sektoral agar suksesnya Pilkada.

“Mari membangun dengan baik perhelatan Pilkada dengan sebaik baiknya, Tuhan menolong kita semua dalam sukseskan Pilkada dimana hari peluncuran ini bersamaan dibukanya pendaftaran Pantarlih/PPDP, ungkap Berthy.

Harapan Ketua KPU Tana Toraja agar tamu yang hadir pada peluncuran maskot Si Kopi dapat membantu KPU dalam mensosialisasikan pendaftaran Pantarlih/PPDP kepada masyarakat dan bersama-sama menyukseskan Pilkada 2024 melalui tahapan yang sementara berjalan.

dr Rudhy Andi Lolo selaku Sekertaris Daerah (Sekda) Tana Toraja mewakili pemerintah daerah menyampaikan momen peluncuran maskot Si Kopi sebagai langkah awal memiliki kompetensi dan integritas yang baik setiap penyelenggara Pemilu di Tana Toraja.

Bagi seluruh penyelenggara KPU dan Bawaslu, Rudhy berharap penyelenggaraan Pilkada 2024 akan berlangsung dengan baik yang dapat diawali dengan doa dan kerja keras.

“Ketua dan Anggota KPU saya yakini bekerja dengan baik, mulai dari tahapan hingga berakhirnya Pilkada nanti dapat berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Ia percaya jika penyelenggara menjalakan tahapan dengan baik, maka komponen Pilkada di Tana Toraja menghasilkan daerah yang jujur, aman dan damai sehingga dapat memiliki pemimpin yang punya kapasitas dan melewati kompetensi yang baik.

dr Rudhy berharap aparat TNI-Polri di daerah harus berdiri dengan netral mengawal perhelatan Pilkada dan mengajak untuk merajut persatuan dan kesatuan.

“Jangan kita menjadi provokator tapi membicarakan hal-hal positif, memandang permasalahan dari sudut positif sehingga kita yakin dan percaya hadirnya para Tokoh Agama menjadi inisiator yang baik di Sulawesi Selatan,” tambah mantan Kadis Kesehatan Tana Toraja itu.

Rudhy mengungkapkan Kabupaten Tana Toraja tempatnya belajar moderasi beragama dan itu harus dipegang dan junjung tinggi sehingga kekuatan dapat dipakai secara positif.

Pada kesempatan tersebut dilanjutkan dialog tentang Pilkada Tana Toraja 2024 oleh jajaran Forkopimda yang dihadiri Kapolres Tana Toraja, AKBP Malpa Malacoppo, perwakilan Kodim 1414 Tana Toraja, Kasi Datun Kejaksaan Negeri Tana Toraja, Kepala Pengadilan Negeri Makale Tana Toraja dan Bawaslu Tana Toraja.

Setelah diskusi dilanjutkan doa bersama keselamatan daerah dari bencana alam dan berharap suksesnya Hari Pemungutan Suara pada 27 November 2024 mendatang dan bagi-bagi doorprize. (Risna)

  • Bagikan