Sejak Januari, Baznas Palopo Sudah Salurkan ZIS Rp4,09 Miliar

  • Bagikan
Ketua Baznas Palopo, As'ad Syam SE MAk. -dok--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Sejak Januari 2024, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Palopo menyalurkan dana Zakat Infak dan Sedekah (ZIS) sebesar Rp4,09 miliar.

Terdiri zakat fitrah Rp3,49 miliar sesuai data sementara berdasarkan laporan dari 185 Unit Pengelola Zakat (UPZ) masjid se Kota Palopo, yang disalurkan langsung ke penerima zakat. Dan ZIS sebesar Rp605.246.300.

''Beginilah peran kami diBaznas, membantu pemerintah mengatasi kemiskinan hingga Rp4,09 miliar, sejak Januari 2024 sampai sekarang,'' kata Ketua Baznas Palopo, As'ad Syam SE MAk yang dihubungi Palopo Pos melalui telepon, Jumat, 14 Juni 2024.

As'ad Syam juga mengungkap pada Kamis (13/6) lalu, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemkot Kota Palopo, Ilham Hamid SE MSi mewakili Pj. Wali Kota menyerahkan secara simbolis dana ZIS untuk mustahik di Kantor Baznas, Jl. Islamic Centre.

Sebagaimana rilis Pemkot, Ketua Baznas Palopo, As'ad Syam SE MAk mengatakan, pendistribusian dan pendayagunaan ZIS merupakan kegiatan yang bersifat temporer, artinya kegiatan kapan saja dapat dilakukan sepanjang memenuhi syarat syar'i.

“Hari ini Baznas menyalurkan bantuan sebagai bentuk fungsi dan tugas kami di Baznas. Bahwa apa yang kami kumpulkan dari masyarakat secara terbuka, itupun harus dikembalikan ke masyarakat secara terbuka,” kata As’ad Syam.

As’ad menambahkan, ada sekira 72 penerima dan dana kurang lebih sekira Rp153.172.000. “Dan sumber dananya itu dari dana zakat harta dengan infaq,” katanya.

Adapun dana yang dikelola, ujar As’ad, rinciannya sebagai berikut yang berupa bantuan modal usaha dan tambahan modal usaha sebanyak 43 orang dengan nilai Rp55.500.000.

Bantuan pembangunan masjid sebanyak 14 masjid dengan nilai Rp53.500.000. Bantuan perbaikan rumah (Rutilahu) tujuh orang dengan nilai Rp29.000.000.

Bantuan konsumtif dua orang dengan nilai Rp1.000.000. Bantuan Gharimi (orang yang berhutang BPJS) satu orang dengan nilai Rp1.672.000. Serta bantuan penyelesaian studi terhadap lima mahasiswa S1, dengan nilai Rp7.500.000.

“Penyaluran Badan Amal Zakat Nasional (Baznas) Kota Palopo sejak bulan Januari 2024 sampai dengan hari ini sebanyak Rp600.246.300,00,” ujarnya.

Bantuan hari ini, lanjut As’ad, adalah bantuan yang kesekian kalinya yang dilakukan oleh Baznas Kota Palopo, karena sangat banyak proses penyaluran yang dilaksanakan lebih awal di luar dari penyaluran saat ini.

“Adapun harapannya untuk bantuan ini, bisa termanfaatkan dengan baik oleh si penerima, oleh mustahiq, dan betul-betul amanah,” tandasnya.

Sementara itu, Asisten Ilham Hamid mengapresiasi Baznas yang tetap eksis dalam melayani umat. “Karena ini adalah lembaga resmi yang dibentuk oleh pemerintah berdasarkan Undang-Undang 23 tahun 2014,” kata Ilham Hamid.

“Jadi program-program yang dilakukan oleh Baznas, sedapat mungkin bersinkronisasi dengan apa yang menjadi program pemerintah,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Baznas Kota Palopo, Camat Wara Selatan, Kapolsek Wara Selatan, Lurah Takkalala, Kepala Cabang BSI Kota Palopo.

Hadir pula, Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kota Palopo,serta penerima bantuan dari Baznas Kota Palopo. (ikhwan ibrahim)

  • Bagikan