Tuan Rumah Jerman Gilas Skotlandia 5-1

  • Bagikan

Nampak Kai Havertz selebrasi usai mencetak gol di laga Jerman vs Skotlandia, Euro 2024. --a--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JERMAN-- Tuan rumah Euro 2024, Jerman, berhasil menggilas Skotlandia dengan akor 5-1.

Kedua tim berduel dalam matchday 1 Grup A Euro 2024, Sabtu, 15 Juni 2024 dini hari Wita di Allianz Arena.

Laga pembuka ini, tentu membuat para suporter The Panser bergemuruh.

Dengan kemenangan telak tersebut, akan memuluskan langkah Jerman menuju ke babak selanjutnya.

Jerman langsung tancap gas di hadapan pendukung sendiri. Skotlandia pun tak berkutik. Mereka tidak bisa memberikan perlawanan berarti.

Pada partai ini, gol-gol yang diciptakan oleh Jerman lahir dari pemain berbeda, yaitu Florian Wirtz (10'), Jamal Musiala (19'), Kai Havertz (45+1'), Niclas Fullkrug (68'), dan Emre Can (90+3'). Skotlandia hanya membalas lewat own goal Antonio Rudiger (87').

Kemenangan telak 5-1 ini jadi langkah awal yang sangat baik untuk Jerman di Euro 2024. Pasukan Julian Nagelsmann memimpin klasemen sementara Grup A dengan 3 poin.

Saat kick off, Jerman langsung menekan lawannya, Skotlandia. Meski begitu, pertandingan berlangsung seru, melebihi ekspektasi.

Tuan rumah bermain sangat dominan, Skotlandia terkurung di area bermain sendiri. Pergerakan Jerman juga tampak progresif untuk menyerang.

Akhirnya, pada menit ke-10, gempuran Jerman langsung membuahkan hasil. Skema serangan melebar, Kimmich masuk ke tengah dari sisi kanan dan mengirim umpan tarik untuk Wirtz di tepi kotak penalti, tembakan mendatar dan gol! Jerman 1-0 Skotlandia.

Tidak puas dengan itu, serangan terus dilancarkan Jerman. Pada menit ke-19, Jerman menggandakan keunggulan.

Gol ini tercipta saat Gundogan merebut bola di tengah lapangan dengan mengirim umpan terobosan untuk Havertz. Havertz mengecoh lawan, mengoper ke Musiala, dan dituntaskan dengan tembakan keras. Gol pun terjadi.

Menang 2-0, justru tuan rumah tidak memberi ruang Skotlandia.
Skotlandia semakin tertekan. Terlihat, hingga menit ke-40, jelas bahwa permainan Skotlandia tidak berjalan dengan baik. Tidak ada perlawanan berarti.

Yang membuat Skotlandia makin meradang pada menit ke-44. Yah, bencana bagi Skotlandia. Ryan Porteus dihukum kartu merah langsung usai menjatuhkan Gundogan di kotak terlarang.

Dan, Wasit pun tidak ragu menunjuk titik putih.

Dan, pada menit ke-45+1, Havertz maju sebagai algojo dan mengirim tembakan keras ke sudut. Gunn bergerak ke arah yang salah. Gol pun kembali terjadi. Jerman unggul 3-0 Skotlandia.

Usai turun minum, terlihat Skotlandia tidak bisa berbuat banyak. Dengan hanya 10 pemain dan sudah kebobolan tiga gol, membuat mereka tidak bisa berbuat apa-apa.

Terlihat, Sang Panser masih sangat dominan mengatur ritme permainan.

Akhirnya, pada menit ke-68, Jerman mencetak gol keempat.

Fullkrug yang baru masuk tidak membuang waktu untuk membuktikan diri. Umpan tarik Musiala sebenarnya tidak menemukan pemain Jerman, tapi bola liar bergulir ke hadapan Fullkrug yang langsung menembak keras. Gol pun kembali terjadi. Jerman 4-0 Skotlandia.

Menit ke-75, Fullkrug sempat mencetak gol keduanya, bola sudah mengecoh kiper. Namun, VAR mengintervensi dan menganulir gol tersebut untuk offside Fullkrug. Skor tetap 4-0.

Menit ke-87, Skotlandia mendapatkan gol hiburan. Skema bola mati, umpan jauh Robertson diterima McKenna yang bermaksud mengembalikannya ke tengah kotak penalti. Bola justru tidak sengaja disundul Rudiger ke gawang sendiri. Gol! Jerman 4-1 Skotlandia.

Namun, pada menit ke-90+3, Jerman menutup laga dengan gol kelima. Skema serangan dari sisi kiri, umpan tarik ke area depan kotak penalti dituntaskan Emre Can dengan sepakan sempurna ke tiang jauh. Dan, gol pun terjadi.

Hingga wasit membunyikan pluit tanda pertandingan usai, Jerman unggul 5-1.

Statistik pertandingan Jerman vs Skotlandia

Tembakan: 20 - 1
Tembakan tepat sasaran: 10 - 0
Penguasaan bola: 73% - 27%
Operan: 682 - 251
Akurasi operan: 94% - 76%
Pelanggaran: 15 - 9
Kartu kuning: 2 - 1
Kartu merah: 0 - 1
Offside: 4 - 0
Tendangan sudut: 5 - 0. (*/net/pp)

Susunan pemain

JERMAN (4-2-3-1): Neuer; Mittelstadt, Tah, Rudiger, Kimmich; Kroos (80' Can), Andrich (46' Gross); Gundogan, Wirtz (63' Sane), Musiala (74' Muller); Havertz (63' Fullkrug)

Pelatih: Julian Nagelsmann

SKOTLANDIA (5-4-1): Gunn; Robertson, Tierney (77' McKenna), Hendry, Porteus, Ralston; Christie (82' Shankland), McGregor (67' Gilmour), McTominay, McGinn (67' McLean); Adams (46' Hanley)

Pelatih: Steve Clarke

  • Bagikan