Berhati-Hati Konsumsi Daging Berlebihan Pasca Lebaran Idul Adha, Bisa Timbulkan Risiko Penyakit Ini

  • Bagikan
Buatnya Mudah, Bikin BBQ Chicken Steak Rumahan ./Tangkap Layar Youtube Martin Praja,

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Hari Raya Idul Adha tentunya sangat erat kaitannya dengan menu daging sapi atau kambing yang didapatkan dari kurban.

Namun, harus diingat bahwa makanan menu daging memiliki risiko terhadap kesehatan jika dikonsumsi terlalu banyak.

Daging sapi, kerbau, dan kambing mengandung banyak kolesterol dan dapat menimbulkan risiko terhadap kesehatan jantung dalam jangka panjang.

Dilansir JawaPos.com dari Daily Country Today, mengonsumsi daging lebih dari 90 gram per hari akan meningkatkan risiko penyakit jantung, termasuk kanker.

Sebaiknya, hindari bagian daging yang berlemak, dan usahakan memakan daging dalam bentuk rebus atau panggang, hindari terlalu banyak makan daging yang digoreng berlebihan.

Jika memang hanya ada menu daging, seimbangkan dengan mengonsumsi buah-buahan, sayuran, dan makanan berserat, serta telur ayam.

Selain itu, makan terlalu banyak menu daging juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan, sehingga padukan dengan lemon saat memasaknya, dan tutup dengan minuman teh hijau tanpa gula.

Khusus bagi lansia, kewaspadaan harus lebih ditingkatkan karena masyarakat kelompok usia ini perlu ekstra hati-hati dalam mengonsumsi makanan menu daging.

Makan daging berlebihan dapat menyebabkan perasaan kenyang, tidak nyaman, sering bersendawa, dan bahkan nyeri dada, terutama karena daging membutuhkan waktu lebih banyak untuk dicerna sepenuhnya.

Bagi penderita tekanan darah tinggi, stroke, dan jantung, makan daging sapi dan kambing berlebihan akan meningkatkan risiko kesehatan.

Usahakan memakan daging secukupnya dan tanpa lemak dan diimbangi dengan buah-buahan serta sayur.

Sedangkan bagi pasien penyakit ginjal, disarankan untuk mengurangi makan makanan kaya protein dan harus lebih berhati-hati dalam mengonsumsi daging.

Selama masih dalam perayaan Idul Adha, disarankan untuk makan daging dalam porsi kecil sebanyak 3-4 kali dalam sehari, sehingga tidak merasa terus-menerus ingin mengonsumsinya.

Hal itu juga menghindari terjadinya perut mulas dan diare karena mengonsumsi menu daging terlalu banyak dalam satu waktu.

Kurangi juga asupan gula karena terlalu banyak mengonsumsi manis-manis bisa membahayakan tubuh, belum lagi dipadukan dengan menu daging. (jp/pp)

  • Bagikan