Euro 2024: Prancis Susah Payah Kalahkan Austria 1-0

  • Bagikan

Nampak pemain Prancis saat selebrasi merayakan gol. Api.

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JERMAN-- Tim unggulan di Euro 2024, Prancis,  harus bekerja keras untuk mengalahkan perlawanan alot Austria dengan skor tipis 1-0.

Kedua tim yang bentrok di matchday 1 Grup D Euro 2024, Selasa 18 Juni 2024 dini hari Wita, di Dusseldorf Arena, terlihat pertandingan berlangsung ketat.

Prancis tidak mampu berbuat banyak. Terbukti, kali ini satu-satunya gol Prancis datang dari own goal Maximillian Wober di menit ke-38.

Malah sbaliknya, Austria bahkan menciptakan beberapa peluang berbahaya, sayangnya tidak bisa jadi gol.

Kemenangan tipis 1-0 ini sudah cukup mengantar Prancis ke peringkat dua klasemen sementara Grup D Piala Eropa 2024, tertinggal di bawah Belanda yang unggul gol dicetak.

Saat kick off, Prancis langsung menggebrak. 10 menit pertama, serangan-serangan cepat Prancis membuat Austria kelimpungan, beruntung mereka masih bisa menjaga gawang tidak sampai kebobolan.

Austria masih belum bisa keluar dari area pertahanan sendiri. Prancis terus mengurung Austria hingga 30 menit laga berjalan. Bahkan sudah ada dua kartu kuning untuk pemain Austria yang menghentikan paksa pergerakan Ousmane Dembele.

Menit ke-36, Austria hampir mengejutkan publik Dusseldorf Arena. Kerasi serangan Austria sangat baik, Sabitzer lantas melanjutkan bola untuk Baumgartner yang sayangnya masih tidak bisa menembak akurat.

Menit ke-38, Prancis mencetak gol penentu. Pergerakan Mbappe di kotak penalti diteruskan dengan umpan lambung yang nahasnya disundul Wober ke gawang sendiri. Gol! Austria 0-1 Prancis.

Usai turun minum Prancis masih menjaga dominasi yang sama di babak kedua. 10 menit pertama berlalu dengan cepat. Austria bertahan, tapi siap menyerang balik.

Menit ke-55, Mbappe melewatkan peluang terbaiknya di laga ini. Satu lawan satu dengan kiper, tembakan Mbappe justru melebar ke sisi kanan gawang lawan. Skor tetap 0-1.

Austria merespons dengan beberapa pergantian pemain di pertengahan babak kedua. Mereka tertinggal, tapi harapan untuk mencetak gol balasan masih ada. 70 menit laga berjalan.

Memasuki 10 menit akhir, Prancis mulai bermain untuk mempertahankan skor. Austria melakukan segala cara untuk balas menyerang, tapi pemain-pemain Prancis memancing pelanggaran dengan sangat baik.

Tidak ada gol tambahan hingga peluit panjang dibunyikan. Skor 1-0 untuk kemenangan Prancis.(*/net/uce)

Susunan pemain

AUSTRIA (4-2-3-1): Pentz; Mwene (88' Prass), Wober (59' Trauner), Danso, Posch; Grillitsch (60' Wimmer), Seiwald; Sabitzer, Baumgartner, Laimer; Gregoritsch (59' Arnautovic)

Pelatih: Ralf Rangnick

PRANCIS (4-2-3-1): Maignan; Theo, Saliba, Upamecano, Kounde; Rabiot (71' Camavinga), Kante; Griezmann, Thuram, Dembele (71' Kolo Muani); Mbappe

Pelatih: Didier Deschamps

  • Bagikan