Portugal Saat Ini Sedang Mood-moodnya, Ronaldo Bakar Semangat Tim

  • Bagikan
Cristiano Ronaldo saat melakukan selebrasi. --ig--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JERMAN-- Wajar kalau Timnas Portugal merupakan salah satu kandidat juara Euro 2024 kali ini. Disebut-sebut, kalau Timnas Portugal saat ini sedang ada dalam kondisi yang ideal melakoni Euro 2024. Komposisi skuad Selecao das Quinas juga dinilai seimbang.

Portugal menjadi unggulan kelima di Euro 2024 dalam data yang dilansir oleh supercomputer Opta. Mereka mempunyai persentase untuk juara di angka 9,2 persen.

Roberto Martinez memilih banyak pemain berpengalaman untuk mengisi skuad Portugal di Euro 2024. Cristiano Ronaldo masih diberi kesempatan di lini depan.

Portugal masih menunggu jadwal untuk beraksi di Jerman. Pada pertandingan pertama, Portugal akan menghadapi Republik Ceko.

Portugal vs Republik Ceko akan digelar di Leipzig Stadium, Rabu, 19 Juni 2024 dini hari Wita. Cancelo menegaskan tim sedang dalam suasana yang ideal untuk menjelang turnamen.

"Suasana di sini luar biasa. Ini salah satu yang terbaik yang pernah saya ikuti; grup yang luar biasa, dengan teman yang akan saya pertahankan di sepanjang hidup saya. Ada keseimbangan usia yang bagus," kata Joao Cancelo di situs UEFA.

Portugal pernah menjadi juara Euro pada 2016. Dari skuad juara itu, masih ada Ronaldo dan Pepe yang masih tersisa.

Pelatih Timnas Portugal Roberto Martinez mengklaim menyusun skuad timnya untuk Euro 2024 bukan berdasarkan nama besar. Sang pelatih memilih pemain berdasarkan pada asas performa dan prestasi atau meritokrasi.

Kiprah Portugal di Euro 2024 bakal dapat sorotan lebih. Sebab, Portugal diperkuat banyak pemain top. Termasuk Cristiano Ronaldo.

Portugal juga digadang-gadang sebagai salah satu unggulan juara. Portugal diharapkan bisa mengulang capaian mereka saat menjadi juara Euro 2016 lalu.

Menariknya, Ronaldo masih akan jadi bintang utama Portugal. Pada usia 39 tahun, Ronaldo tetap dipilih. Bahkan, dia masih dipercaya menjadi kapten bagi Timnas Portugal di Euro 2024. Dia pembakar semangat tim, khususnya untuk pemain-pemain muda.

Ronaldo Dipilih karena Prestasi

Performa Ronaldo tidak cukup impresif di Piala Dunia 2022 lalu. Setelah itu, banyak yang menilai masa emas Ronaldo di Timnas Portugal bakal berakhir. Namun, Ronaldo tetap jadi andalan bagi Martinez.

Martinez membawa Ronaldo ke Euro 2024. Dia membantah masuknya Ronaldo karena sejarah dan nama besar yang dimiliki. Martinez memastikan bahwa Ronaldo dipilih karena prestasi yang dimiliki.

"Ronaldo masuk Timnas Portugal karena meritokrasi," ucap Martinez dikutip dari GOAL.

"Tidak ada yang masuk tim nasional hanya karena namanya. Ronaldo mencetak 50 gol dalam 51 pertandingan, konsisten dengan klubnya di liga, dan dia mencetak 10 gol di babak kualifikasi," sambung pria asal Spanyol tersebut.

Saat ini, Portugal punya banyak penyerang tengah. Martinez bisa memainkan Goncalo Ramos dan Diogo Jota di lini serang. Lalu, ada Pedro Neto dan Joao Felix yang bisa jadi opsi. Lantas, bagaimana dengan Ronaldo?

"Dia pencetak gol dan, bagi kami, dia adalah seseorang yang dapat melakukan gerakan terakhir," kata Martinez.

"Dia dapat meregangkan pertahanan dan membuka ruang. Selama bertahun-tahun, dia telah sedikit mengubah cara bermainnya, tetapi saya hanya dapat mengatakan bahwa Ronaldo masuk tim nasional karena prestasi dan angka-angka mendukungnya," tegas Martinez.

Jadwal Pertandingan Portugal di Euro 2024

Portugal vs Republik Ceko
19 Juni 2024
03.00 Wita

Turki vs Portugal
22 Juni 2024
24.00 Wita

Georgia vs Portugal
27 Juni 2024
03.00 Wita. (*/net/pp/uce)

  • Bagikan