Hasil Euro 2024: Turki Gasak Georgia 3-1

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JERMAN-- Duel Turki dengan tim debutan di ajang Piala Eropa 2024, Georgia berhasil dimenangkan dengan skor mencolok 3-1.

Berkat kemenangan tersebut, Tim Bintang dan Bulan Sabit tersebut berhasil meraih poin tiga.

Bentrok kedua tim ini, tersaji di BVB Dortmund Stadium, Selasa, 18 Juni 2024) malam Wita. Pada babak pertama, kedua tim bermain imbang 1-1. Gol Mert Muldur dibalas Georges Mikuatadze.

Tapi, saat babak kedua, Turki mengamuk. Mereka menambah dua gol lewat Arda Guler dan Kerem Artekoglu. Turki sementara memuncaki Grup F dan Georgia di posisi terbawah.

Saat kick off, Turki langsung mendominasi pertandingan. Peluang pertama didapat pada menit ke-10 saat Kaan Ayhan mendapatkan ruang tembak di depan kotak penalti. Hanya saja, bola sepakannya menghantam tiang kanan gawang Georgia.

Tidak berhenti di situ. Gempuran terus dilakukan Turki. Mereka pun mendapat kans lagi empat menit kemudian ketika Kenan Yildiz melewati dua penjaganya di sisi kiri kotak penalti dan coba menembak ke sudut sempit, tapi bisa diamankan Georgio Mamardashvili.

Akhirnya, kebuntuan pun pecah. Pada menit ke-25, Mert Muldur mendapat bola liar di depan kotak penalti. Dia pun langsung melepaskan sepakan voli kaki kanan yang bikin bola bersarang di pojok kanan atas.

Turki menggandakan keunggulan dua menit kemudian saat serangan cepat dari sisi kanan yang dimulai Arda Guler, berakhir di tiang jauh dan Kenan Yildiz menyonteknya ke pojok atas.

Gol tersebut dianulir VAR karena ujung sepatu Yildiz berada di depan pemain terakhir Georgia.

Georgia malah menyamakan skor 1-1 pada menit ke-32 lewat Georges Mikautadze. Umpan tarik Giorgi Kochorashvili disontek Mikuatadze ke pojok gawang Mert Gunok.

Georgia bahkan nyaris berbalik unggul pada menit ke-35 andaikan sepakan Mikautadze di kotak penalti tak melebar di sisi kiri.

Usai turun minum, lagi-lagi Turki langsung menggebrak. Mereka menciptakan peluang pertamanya lewat Muldur. Tapi, Mamardashvili bisa menepisnya.

Turki mendapat kans lagi pada menit ke-57 dari sepakan bebas Hakan Calhanoglu yang melewati pagar hidup. Bola bisa dibendung Mamardashvili.

Dan, akhirnya, Guler, Bintang muda Turki ini menciptakan gol sensasional untuk bikin Turki memimpin 2-1 pada menit ke-65.

Kaan Ahyan mampu merebut bola dari kawalan pemain Georgia dan langsung memberikan kepada Guler.

Guler dari jarak 25 yard melepaskan tembakan kaki kiri yang melesakkan bola ke pojok kanan atas.

Georgia hampir menyamakan skor lagi pada menit ke-70 saat Kochorashvili mendapat umpan lambung di kotak penalti Turki. Dia melewati satu pemain sebelum menyepak dari jarak dekat, bola membentur mistar.

Georgia terus menggempur pertahanan Turki di 10 menit akhir laga untuk menyamakan skor. Ada dua peluang emas Georgia di pengujung injury time, satu membentur tiang dan sisa dihalau Samet Akaydin di garis gawang.

Pemain pengganti Kerem Artekoglu memastikan kemenangan 3-1 Turki. Lewat serangan balik cepat, dia dengan mudah menggulirkan bola ke gawang Georgia yang kosong. (*/net/uce)

  • Bagikan

Exit mobile version