Wow! Ini Sederet Rekor Bisa Dipecahkan Cristiano Ronaldo di Euro 2024

  • Bagikan

Cristiano Ronaldo

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JERMAN-- Kapten Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo menjadi pemain outfield tertua dalam sejarah Euro. Ketika ia menginjakkan kaki di lapangan bersama timnas Portugal.

Cristiano Ronaldo berusia 39 tahun 127 hari, saat Portugal memainkan pertandingan pertamanya di Euro 2024 melawan Republik Ceko.

Cristiano Ronaldo pun memecahkan rekor Legenda Jerman Lothar Matthaus sebagai pemain outfield tertua di putaran final Euro.

Saat membela timnas Jerman, Lothar Matthaus usia 39 tahun dan 91 hari selama pertandingan grup melawan Portugal di Euro 2000.

Cristiano Ronaldo juga secara alami dapat memecahkan rekor sebagai pemain tertua yang tampil dan memenangkan final Kejuaraan Eropa jika Portugal berhasil lolos.

Jens Lehmann saat ini menjadi pemain tertua yang tampil di final pada usia 38 tahun 232 hari pada final Euro 2008 saat Jerman melawan Spanyol. 

Mantan rekan setim Ronaldo di Portugal, Ricardo Carvalho, adalah pemain tertua di tim pemenang dalam usia 38 tahun 53 hari.

Cristiano Ronaldo juga akan memecahkan rekor turnamen Kejuaraan Eropa yang paling banyak dimainkan.

Sang penyerang memainkan turnamen keenamnya di Euro 2024, setelah sebelumnya tampil di Euro 2004, 2008, 2012, 2016, 2020, dan 2024.

Dia saat ini berbagi rekor turnamen terbanyak lima dengan Iker Casillas, meskipun mantan kiper Spanyol itu tidak bermain di semua turnamen tersebut.

Jika Portugal mencapai final, Ronaldo bisa memecahkan rekor penampilan terbanyak di final Euro.

Ia sudah berbagi rekor dua final dengan 23 pemain lainnya.

Dia bisa menjadi satu-satunya pemain yang bermain di tiga final Euro 2024.

Ronaldo sudah memegang rekor penampilan terbanyak di final Euro (25), menit bermain terbanyak (2.153), penampilan terbanyak sebagai kapten (16) dan pertandingan terbanyak yang dimenangkan (12). 

Dia bisa memperpanjang rekor tersebut di Euro 2024.

Ronaldo bisa menyamai rekor Iker Casillas sebagai kapten terbanyak yang memenangi turnamen (dua) jika Portugal menang pada 2024.

Jika mencetak gol di Euro 2024, Ronaldo akan menjadi pemain tertua yang mencetak gol dalam sejarah Piala Eropa.

Ivica Vastic adalah pemain tertua yang mencetak gol dalam sejarah Kejuaraan Eropa. Vastic berusia 38 tahun 257 hari ketika dia mencetak gol untuk Austria melawan Polandia di Euro 2008.

Ronaldo sudah memegang rekor gol terbanyak yang dicetak di Euro (total 14), gol terbanyak yang dicetak di kualifikasi (41) dan gol terbanyak yang dicetak di semua pertandingan Euro, termasuk final dan kualifikasi (55).

Ronaldo telah mencetak gol di lebih banyak pertandingan (10) dan lebih banyak turnamen (lima) dibandingkan pemain lainnya.

Dia juga telah mencetak lebih banyak penalti (tiga) dibandingkan siapa pun tidak termasuk adu penalti.

Ronaldo juga mempunyai percobaan ke gawang yang paling banyak (137) dibandingkan siapa pun dalam sejarah Euro, lebih dari dua kali lipat rival terdekatnya, Thierry Henry (52).

Ronaldo mampu memecahkan rekor assist terbanyak dalam sejarah Kejuaraan Eropa. 

Dia saat ini berbagi rekor dengan legenda Republik Ceko Karel Poborsky dengan enam assist. 

Dengan satu assist, Ronaldo akan tetap memegang rekor tersebut, meski pemain Belgia Kevin de Bruyne tertinggal sedikit dengan lima assist.

Ronaldo mampu memecahkan rekor peluang tercipta terbanyak di Euro. 

Dia telah menciptakan total 41 peluang, satu lebih sedikit dari pemegang rekor sepanjang masa Luis Figo (42). (*/dis/uce)

  • Bagikan

Exit mobile version