Skotlandia vs Swiss Imbang, Persaingan Dampingi Jerman di 16 Besar Ketat

  • Bagikan

Foto: Getty Images/Stu Forster

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JERMAN-- Persaingan menuju 16 besar untuk dampingi Jerman di Euro 2024, makin ketat.

Itu setelah Skotlandia dan Swiss hanya mampu bermain imbang 1-1 di Stadion RheinEnergie dalam matchday kedua Grup A Piala Eropa 2024, Kamis, 20 Juni 2024 dini hari Wita. Seluruh gol terjadi pada babak pertama.

Skotlandia memimpin 1-0 lebih dulu pada menit ke-13 lewat bunuh diri Fabian Schar dan Xherdan Shaqiri mengubah menjadi 1-1 di menit ke-26.

Dengan hasil ini, membuat Swiss tetap di posisi kedua dengan empat poin. Skotlandia ada di urutan ketiga dengan satu poin.

Jerman bercokol di puncak klasemen Grup A dengan enam poin dan sudah mengunci tiket ke 16 besar. Hungaria di dasar klasemen dengan nol poin.

Skotlandia dan Swiss harus berjuang di partai ketiga nantinya untuk memuluskan langkah ke babak selanjutnya.

Swiss sendiri akan berhadapan dengan tuan rumah, Jerman. Sementara Skotlandia akan melawan Hongaria. Skotkandia bisa lolos jika mampu berpesta gol ke gawang Hongaria nantinya dan Swiss menelan kekalahan. Tapi, jika Swiss mampu menahan imbang Tim Panzer, maka dengan mulus mereka akan melenggang mulus menemani sang tuan rumah.

Duel Skotlandia dan Swiss berjalan dengan tensi tinggi. Kedua tim sama-sama mengejar kemenangan sejak kick off.

Dan, Skotlandia sudah memimpin 1-0 di menit ke-13. Gol berawal dari serangan balik.

Callum McGregor melepaskan umpan tarik di kotak penalti Swiss yang disambar oleh Scott McTominay. Bola kemudian mengenai kaki Fabian Schar hingga mengecoh Yann Sommer.

Swiss secara perlahan mencoba menekan Skotlandia. Granit Xhaka cs mencoba menyerang dengan memainkan umpan-umpan pendek, namun kerap gagal masuk ke kotak penalti lawan.

Swiss menyamakan skor di menit ke-26 lewat Xherdan Shaqiri. Gol itu terjadi setelah kesalahan back pass pemain Skotlandia, yang kemudian bola liar di depan kotak penalti langsung disambar Shaqiri.

Skotlandia nyaris kebobolan di menit ke-32. Dan Ndoye melepaskan tembakan dari jarak dekat ke tiang jauh, tapi masih bisa ditepis Angus Gunn.

Swiss masih terus terus menekan di sisa waktu babak pertama dan Skotlandia bertahan dengan baik. Tak ada gol lagi tercipta sampai turun minum dan skor tetap 1-1.

Swiss punya peluang emas di babak kedua, yang tepatnya pada menit ke-58. Ndoye berhasil melepaskan diri dari kawalan lawan dan berhadapan dengan kiper. Tembakan dilepaskan Ndoye, tapi masih melebar dari target.

Skotlandia kesulitan mengembangkan permainan selama babak kedua berjalan 20 menit. Anak asuh Steve Clarke lebih sering dipaksa untuk main bertahan oleh Swiss.

Swiss sempat mencetak gol di menit ke-82 lewat Breel Embolo. Gol itu kemudian dianulir karena Embolo dalam posisi offside.

Tapi, sampai wasit membunyikan pluit tanda pertandingan berakhir, kedudukan tetap imbang 1-1. (*/net/uce)

Susunan Pemain:

Skotlandia: Gunn; Hanley, Hendry, Tierney; Ralston, Gilmour, McGregor, Robertson; McGinn, McTominay, Adams.

Swiss: Sommer; Schar, Akanji, Rodriguez; Widmer, Xhaka, Freuler, Aebischer; Ndoye, Shaqiri, Vargas.

  • Bagikan

Exit mobile version