Personil Dit Intelkam Polda Sulsel Pantau Aktivitas Bongkar Muat di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar

  • Bagikan

Nampak personil Dit Intelkam Polda Sulsel saat berada di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar. --ist--

Guna Memastikan Barang Ilegal tidak Masuk Melalui Pelabuhan Tersebut

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Personil Direktorat Dit Intelkam Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) melakukan pemantauan langsung aktivitas bongkar muat barang di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar.

Pemantauan yang dilakukan jajaran Polda Sulsel di lokasi itu, guna memastikan pelabuhan tersebut bebas dari aktivitas yang sifatnya melanggar hukum. Seperti pengiriman barang ilegal dan sebagainya.

Upaya yang dilakukan dari pihak kepolisian itu mendapat respon baik serta dukungan dari salah satu pihak penyedia jasa pengiriman barang di pelabuhan tersebut.

"Kami bersedia bekerja sama dan tidak keberatan memberikan informasi terkait barang- barang maupun kendaraan ilegal," kata Asri selalu salah satu pihak ekspedisi kepada personil Dit Intelkam Polda Sulsel (17/6) lalu saat memantau di pelabuhan.

Akan tetapi, kata Asri kepada pihak kepolisian yang melakukan pemantauan di pelabuhan kurang lebih sepekan itu, mulai pada (11/6) pekan lalu, jika terdapat barang ilegal yang masuk ke pelabuhan itu, bukan tanggung jawab pihak ekspedisi.

"Baik depot atau ekspedisi, sifatnya hanya sebagai penyedia jasa kepada pelanggan. Dan apabila terdapat barang- barang atau kendaraan ilegal, hal tersebut menjadi tanggung jawab pemiliknya," kata Asri.

Untk diketahui, masih kata Asri, kapal yang biasa mengangkut barang seperti dari Surabaya ke Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar berupa kapal ferry.

"Barang yang biasa dimuat antara lain barang campuran, elektronik, peralatan rumah tangga, barang pindahan, dan pakaian," ungkapnya.(Riawan)

  • Bagikan