Syukuran Hasil Panen dan Lolos ke Senayan, Sahabat JFK Inisiasi Pesta Rakyat Tari Dero Bersama di Burau Lutim

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID PALOPO -- Ribuan masyarakat tumpah ruah hadir dalam kebahagiaan dalam kegiatan Pesta Rakyat Tari Dero bersama-sama di Desa Lewondu, Kecamatan Burau, Kab. Luwu Timur, Kamis malam 20 Juni 2024.

Acara Tari Dero ini dilakukan dalam rangka ucapan syukur masyarakat di Kecamatan Burau atas hasil panen yang dicapai, sekaligus ucapan Terima Kasih dari Irjen Pol (P) Drs Frederik Kalalembang (JFK) atas keberhasilan lolos sebagai Anggota DPR RI Terpilih ke Senayan.

Tari Dero ini terselenggara atas prakarsa JFK Family dengan Komunitas Lavender Burau.

Koordinator Acara Tari Dero, Yuyun Sombolinggi kepada Palopo Pos mengungkapkan, Pesta Rakyat yang diselenggaran berupa Tari Dero ini adalah kali pertama kembali digelar, setelah beberapa waktu lalu dilrang oleh pihak keamanan bersama pemerintah setempat, lantaran dikhawatirkan dapat menimbulkan hal-hal negatif di masyarakat.

Namun, dari Pesta Rakyat Tari Dero massal ini, kekhawatiran tersebut akhirnya terpatahkan dan terbuktikan kalau masyarakat di Burau adalah masyarakat yang tertib, saling mengasihi sesama.

Pada kesempatan itu juga masyarakat yang hadir mendapat pelayanan yang maksimal dari panitia berupa Jamuan Kasih.

Lanjut Yuyun, Pesta Rakyat lewat Tari Dero ini bahkan diikuti sejumlah tim/komunitas dari luar Sulsel. "Ada komunitas dari Sulawesi Tengah, Palopo, Masamba, dan daerah sekitar. Sangat luar biasa masyarakat yang hadir di lapangan, karena baru kali ini kembali dilakukan Dero," ungkap Yuyun yang dihubungi, Jumat 21 Juni 2024.

Kegiatan Tari Dero ini mendapat pengawalan langsung dari Kepolisian Sektor Burau. Sebanyak 21 personel diterjunkan, dan hingga selesai acara pukul 11 malam, masyarakat kembali ke rumah masing-masing dengan aman dan tertib tanpa ada gesekan. Bahkan pihak keamanan turut mengantar komunitas Dero yang dari Sulteng kembali ke perbatasan dengan aman.

"Terima kasih Pak Jenderal JFK bersama keluarga yang turut membantu kegiatan Pesta Rakyat kami di Burau," ujar Yuyun.

Sementara itu, Anggota DPR RI Terpilih dari Partai Demokrat, Irjen Pol (P) Drs Frederik Kalalembang berterima kasih kepada masyarakat Luwu Timur, khususnya di Kecamatan Burau atas kegiatan Pesta Rakyat dengan cara Tari Dero massal atas bentuk syukuran lolos ke Senayan.

"Jadi Dero ini secara spontanitas dilakukan oleh Sahabat JFK di Luwu Timur, khususnya di Burau sekaligus syukuran pesta panen. Sebenarnya acara Dero ini dilarang karena dikhawatirkan menimbulkan keributan, dan ternyata setelah selesai acara pun masyarakat sangat tertib dan bahagia kembali ke rumah. Sehingga apa yang dikhawatirkan oleh aparat keamanan dan pemerintah akan terjadi keributan itu tidak terjadi. Jadi saya ucapakan Terima Kasih kepada aparat pengamanan dan Sahabat JFK di Burau," ucap JFK yang dihubungi Palopo Pos.(idr)

  • Bagikan