Gol Belanda ke Gawang Prancis Kontroversial, Dinyatakan Tidak Sah!

  • Bagikan
Posisi bek Belanda Denzel Dumfries dan kiper Prancis Mike Maignan saat terjadinya gol dalam laga Belanda vs Prancis di Grup D EURO 2024. Gol itu dianggap tidak sah oleh wasit.dailymail

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JERMAN-- Dua pengamat sepak bola yang juga legenda Timnas Inggris Wayne Rooney dan Gary Lineker memperdebatkan keputusan wasit dari Inggris Anthony Taylor yang menganulir gol dalam laga Belanda vs Prancis, pada matchday 2 Grup D EURO 2024, di Leipzig Arena, Sabtu (22/6) dini hari WIB.

Gol itu dicetak Xavi Simons pada menit ke-69, tetapi wasit dengan bantuan VAR melihatnya tidak sah, lantaran bek Belanda Denzel Dumfries yang berdiri di dekat kiper Prancis Mike Maignan, dianggap offside dan juga mengganggu permainan.

Dumfries sendiri sejatinya tampak tidak bergerak saat bola sepakan Simons itu meluncur dan masuk ke gawang Prancis.

Pertandingan sempat ditunda hampir selama dua-tiga menit karena tim VAR berusaha menyimpulkan. Pada akhirnya, gol itu dianulir, skor tetap 0-0 dan bertahan hingga laga kelar.

Rooney, yang merupakan bagian dari tim pakar BBC Sports tak setuju dengan keputusan wasit dan VAR.

"Saya pikir itu adalah sebuah gol. Tidak mungkin hal seperti itu terlarang," katanya. Gary Lineker juga sepakat dengan Rooney.

Dia menilai kiper Maignan tidak terhalang oleh Dumfries.

"Jika dia menyelam (menggapai bola), maka dia pasti akan mencapainya," ujar Lineker. Pelatih Belanda Ronald Koeman jelas kecewa. "Posisi Dumfries offside, itu benar," ujarnya.
"Namun, dia tidak mengganggu kiper. Itu seharusnya gol yang sah," imbuhnya. (jpnn/PP)

  • Bagikan