Hasil Euro 2024 Grup D: Polandia Babak Belur Dihajar Austria, Lewandowski Cs Angkat Koper dari Jerman

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JERMAN-- Penampilan luar biasa Austria di babak kedua. Mereka mampu lolos ke babak sistem gugur Euro 2024 usai meraih kemenangan 3-1 atas Polandia pada Jumat, 21 Juni 2024.

Polandia menjadi tim pertama yang tersingkir dari turnamen tersebut setelah pertandingan antara Belanda dan Prancis berakhir dengan hasil imbang tanpa gol.

Setelah kalah dalam kedua pertandingan grup D sejauh ini, peluang Polandia untuk lolos dari Grup D sudah tampak suram sebelum hasil imbang antara Prancis dan Belanda mengonfirmasi tersingkirnya mereka lebih awal.

Gol Gernot Trauner, Christian Baumgartner, dan Marko Arnautovic menghidupkan peluang Austria untuk melaju ke babak selanjutnya.

Austria, yang kalah dari Prancis di pertandingan pembuka mereka, berhasil bangkit dengan penuh semangat di babak pertama di mana Polandia menyamakan kedudukan dan nyaris memimpin sebelum permainan terhenti di babak kedua.

Tidak terpengaruh oleh berita bahwa pencetak gol terbanyak Robert Lewandowski masih belum fit untuk memulai, penggemar Polandia menyalakan suar saat mereka menyanyikan lagu kebangsaan, dengan kepulan asap membubung ke arah gawang yang dipertahankan Austria di babak pertama.

Skor tersebut hampir sama dengan yang diraih Polandia di awal pertandingan, dengan Austria mendominasi penguasaan bola melalui serangan berulang-ulang di sayap kiri dan unggul terlebih dahulu pada menit kesembilan.

Lemparan panjang Philipp Mwene menjadi ancaman sejak awal dan gol Austria terjadi ketika salah satu dari lemparan tersebut disundul kembali ke jalurnya, memungkinkan bek kiri tersebut memberikan umpan silang untuk Trauner untuk mencetak gol dengan sundulan peluru ke sudut atas setelah sembilan menit.

Namun, Polandia menyamakan kedudukan pada menit ke-30 ketika Austria gagal menyapu tendangan sudut dengan memuaskan dan ketika Trauner memblok tembakan Jan Bednarek, bola jatuh untuk dikontrol Krsysztof Piatek dan kemudian diarahkan ke gawang.

Penjaga gawang Austria Patrick Pentz harus melakukan penyelamatan luar biasa dengan satu tangan di masa tambahan waktu babak pertama dan ketika Lewandowski akhirnya ikut bermain pada saat harapan Polandia bangkit, namun dengan cepat pupus.

Gol kedua Austria pada menit ke-66 sangat indah dalam kesederhanaannya saat mereka mengubah permainan dari kanan ke kiri sebelum Alexander Prass memberikan umpan kepada Baumgartner dengan umpan tepat dan penyelesaian keren sang gelandang tidak memberikan peluang bagi Wojciech Szczesny.

Ketika Marcel Sabitzer kemudian mengoyak lini tengah, Szczesny tidak punya pilihan untuk menjatuhkannya dan Marko Arnautovic mengeksekusi tendangan rendah yang dihasilkan dari titik penalti ke kiri kiper untuk mengubah skor menjadi 3-1 pada menit ke-78 dan meninggalkan tantangan berat bagi Polandia.

Kontribusi Lewandowksi hanya dalam waktu setengah jam adalah kartu kuning karena menyikut Philipp Lienhart empat menit setelah masuk, dan ketidakhadirannya terbukti merugikan karena Polandia tersingkir.

Polandia akan menghadapi Prancis dalam pertandingan grup terakhir mereka pada hari Selasa di Dortmund, sementara Austria akan menghadapi Belanda di Berlin pada waktu yang sama.

“Kami memberikan sedikit hasil pada pertandingan yang sebenarnya tidak diperlukan, dan kemudian di babak kedua, kami tahu bahwa sekarang kami harus memberikan hasil,” kata pemain terbaik pertandingan Baumgartner kepada wartawan.

“Itu adalah salah satu kualitas kami, salah satu karakteristik kami, bahwa kami tahu bagaimana menghadapi situasi seperti ini, dan tahu bagaimana bereaksi terhadap situasi tersebut, dan itulah mengapa pada akhirnya ini merupakan hasil positif bagi kami,” tambahnya.

Pelatih Polandia Michal Probierz mengatakan Lewandowski sepenuhnya fit, dan telah berlatih bersama tim.

“Kami tahu ini akan menjadi pertandingan yang sangat intensif, jadi kami memutuskan bersama tim medis dan Robert Lewandowski sendiri bahwa dia tidak akan bermain sejak menit pertama,” kata Probierz kepada wartawan.

“Kami berharap bisa menembus pertahanan Austria di babak kedua, sayang kami tidak mencetak gol kemenangan terlebih dahulu,” tambahnya. (dis/pp)

  • Bagikan