Marga Taufiq, Tokoh Karismatik dari Luwu Raya-Toraja, Sangat Perhatian Membangun Daerah

  • Bagikan
Mayjen TNI (Purn) Dr Marga Taufiq dan Datu Luwu Andi Maradang Mackulau Opu To Bau

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Nama Mayjen TNI (Purn) Dr Marga Taufiq semakin massif jelang Pilgub Sulsel digelar. Mantan Pangdan XVI Pattimura ini merupakah salah satu tokoh karismatik dari Luwu Raya dan Toraja. Banyak figur cagub lainnya yang siap berpasangan dengannya.

Banyak hal yang sudah dilakukan Marga Taufiq untuk Luwu Raya dan Toraja. Salah satunya yang terbaru adalah penggalangan bantuan korban banjir bandang dan longsor di Kabupaten Luwu beberapa pekan lalu.

Ia langsung berkoordinasi dengan Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) pimpinan Wilianto Tanta untuk penggalangan bantuan. Alhasil sebanyak enam truk bantuan sudah tersalurkan ke sejumlah desa di Luwu.

Selain itu, dukungan Marga Taufiq juga datang dari Keluarga Kerukunan Luwu Raya (KKLR) Sulsel yang memberikan restunya kepada Mayjend TNI (P) Dr Marga Taufiq sebagai Calon Gubernur Sulsel 2024.

Ketua BPW KKLR Provinsi Sulsel, Ir. H. Hasbi Syamsu Ali, M.M mengatakan pihaknya memberikan dukungan penuh kepada Mayjend TNI (P) Dr Marga Taufiq. “Saya Ketua BPW Kerukunan Keluarga Luwu Raya Sulsel. Ini ada calon Gubernur dari Tana Luwu untuk Sulawesi Selatan Pak Mayjen TNI (P) Dr Marga Taufiq,” ucapnya.

Hasbi Syamsu Ali mengatakan Luwu Raya telah memberikan mandat dukungan untuk Staf Khusus Menteri Pertahanan RI tersebut.

“Sudah ada mandat Ketua? Iya, Jadi ketua KKLR Sulsel menyatakan mendukung penuh pak Calon Gubernur dari Luwu Raya Bapak Mayjend TNI (P) Marga Taufiq. Karena pesan saya, orang Luwu ini harus bertuan di negerinya,” tegasnya.

Selain itu, Marga Taufiq juga merupakan Ketua IKA SMADA Makassar. Ia terpilih pada kegiatan Tudang Sipulung Nasional di Kota Malino, Kabupaten Gowa, Jumat-Minggu, 11-13 November 2022, lalu. TSN SMADA Makassar diikuti sekitar 3.000 orang alumni dari angkatan tahun 1957 hingga 2.000-an.

Saat masih aktif di militer, Mayjen (P) Marga Taufiq punya banyak prestasi. Antara lain memimpin sebagai Dandim 1403 Sawerigading, lalu Dandim di Makassar, Asisten Teritorial Kodam 7 Wirabuana, Komandan Korem di Sulteng, dan merupakan Putra Luwu Raya dan Toraja yang pertama mencapai jabatan Pangdam sebagai Panglima di Kodam XVI Pattimura di Maluku.

Tentunya dengan prestasi tersebut, penguasaan teritorialnya, khususnya di Provinsi Sulawesi Selatan sudah tidak diragukan.

Apalagi melihat kedekatannya dengan Presiden RI Terpilih hasil Pemilu 2024 H. Prabowo Subianto yang sangat dekat.

Hubungannya dengan Presiden Terpilih Prabowo Subianto sangat dekat. Dimana Marga Taufiq adalah anak buah Prabowo saat masih aktif di militer hingga saat ini, tentu akan memudahkan dalam menjangkau Sulsel.(idris prasetiawan)

  • Bagikan

Exit mobile version