Thariq Halilintar Minta Dipanggil Haji, Mamah Dedeh: Biasa Aja Kale!

  • Bagikan

Geni Faruk Minta Thariq Halilintar Dipanggil dengan Sebutan Gelar Haji---Instagram

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Viral video Geni Faruk meminta Atta Halilintar menyebutkan gelar haji kepada Thariq saat acara lamaran dengan Aaliyah Massaid.

Ibunda dari Thariq dan Atta itu meminta agar sang anak bisa dipanggil namanya bersamaan dengan gelar haji yang menurutnya sudah didapatkan saat kecil.

Geni Faruk mengatakan Thariq sudah mendapatkan gelar haji karena sewaktu bayi pernah ikut berangkat haji bareng orangtuanya.

Jadi ceritanya dulu Geni Faruk setelah selesai nifas pas usai melahirkan Thariq yang merupakan anak keempatnya itu, sang ibu langsung berangkat untuk ibadah haji bareng suaminya.

Dan pada saat itu juga kebetulan Geni Faruk dan suaminya membawa Thariq Halilintar. Dari situlah Geni Faruk meyakini bahwa Thariq Halilintar sudah bisa menyandang gelar haji. Kemudian pada saat acara lamaran Thariq, Geni Faruk pun meminta kepada Atta Halilintar untuk menyematkan gelar haji di nama adiknya tersebut.

"Tadi sebut-sebut haji jadi ingat, Thariq ini juga sudah haji. Jadi waktu umur 2 bulan sudah naik haji sama kita. Jadi baru selesai nifas, terus pergi haji," ucap Geni Faruk "Iya tapi udah haji Thariq. Terus waktu thawaf semua orang di sana panggil nama dia.

Thariq, Thariq (artinya jalan)," tambahnya.

Apakah Thariq sudah bisa disebut haji meskipun pada saat ke Tanah Suci Mekkah masih berusia 2 bulan?

Sebenarnya ibadah haji Thariq itu bisa dikatakan belum sah lantaran dia tidak memenuhi syarat wajib haji. Salah satunya yaitu sudah baligh atau dewasa.

Untuk melaksanakan ibadah haji setidaknya ada 5 syarat khusus, di antaranya yakni Islam, baligh, berakal sehat, merdeka, dan mampu.

Nah untuk peroslan Thariq Halilintar ini, selain dia masih berusia 2 bulan tapi beberapa rukun haji lainnya pun tidak terpenuhi secara baik.

Ucapan Geni Faruk itu pun menuai pro dan kontra lantaran banyak juga yang bilang hal tersebut merupakan suatu kesombongan.

Bahkan sampai ada netizen yang menyambungkan video ucapan Geni Faruk dengan Mamah Dedeh.

Dalam suatu ceramahnya, Mamah Dedeh meminta seharusnya gelar gaji jangan sampai diminta untuk dipanggil atau disematkan kepada orang yang baru pulang dari beribadah haji di Mekkah.

Mamah Dedeh mengingatkan bahwasannya tidak ada hukum yang menyebut orang yang baru pulang pergi haji akan wajib dipanggil dengan gelar hajinya tersebut.

Jadi, jika ada yang meminta dipanggil dengan gelar haji, justru kata Mamah Dedeh tindakan itu sudah termasuk ke dalam sebuah sifat kesombongan.

"Hey, hey dengerin ya… Jangan sombong sudah haji. Siapa yang pengen pergi haji ngacung? Semua umat Islam pengen haji, tidak ada dalam Islam pulang haji dipanggil 'Bu Haji', itu sombong!," terang Mamah Dedeh.

"Apakah kita pulang sholat dipaanggil 'sholat'? Apakah kalau kita habis zakat dipanggil ibu 'zakat'? Apa kita habis puasa akan dipanggil 'Ibu Puasa'?. Pernahkah dalam Al-Quran atau hadist pulang haji dipanggil bu haji? Nabi Muhammad SAW, Rasul kita tidak pernah dipanggil 'Haji Muhammad', itu kesombongan, biasa aja kale!." tutupnya. (dis/pp)

  • Bagikan