Lurah Peta Diperiksa Penyidik Tipikor soal Dana Satgas

  • Bagikan

Lurah Peta, Andi Gapur saat berada di ruang penyidik Tipikor Polres Palopo. -- riawan--

PALOPOPOS.CO ID, PALOPO-- Kurang lebih empat bulan melakukan penyelidikan soal dana satuan tugas (Satgas), penyidik Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polres Palopo telah memeriksa hampir 20 orang Lurah.

Pemanggilan Lurah se- Kota Palopo secara bertahap yang dimulai sekira Maret lalu, dimulai dari pemanggilan tim Satgas kemudian dilanjut ke lurah itu, penyidik telah rampung melakukan pemeriksaan di dua kecamatan.

Seperti disampaikan Kasat Reskrim Polres Palopo, AKP Sayed Ahmad Aidid, SH saat dikonfirmasi melalui Kanit Tipikor, IPTU Yusran Sa'buran, SH., MH, Rabu, 26 Juni 2024.

"Kurang lebih 20 Lurah telah kami periksa. Untuk Lurah di Kecamatan Bara dan Kecamatan Wara Barat, semuanya telah kami periksa dan sekarang giliran Lurah di Kecamatan Sendana," jelas Yusran.

Selasa, 25 Juni 2024, lanjut Yusran, satu Lurah dari Kecamatan Sendana hadir untuk diperiksa atau dimintai keterangan soal Satgas dan dana Satgas yang itu.

"Untuk hari ini kami belum ada jadwal pemeriksaan Lurah. Mungkin besok atau lusa diagendakan kembali pemanggilan Lurah yang akan diperiksa," ucapnya.

Dan ternyata, seorang pria yang terpantau berada di dalam ruang penyidik Tipikor sebelumnya itu, mulai sekira pukul 10.00 Wita hingga selesai sekira pukul 12.00 Wita, merupakan Lurah Peta, Andi Gapur.

Nampak, Gapur yang sedang berhadapan dengan salah seorang penyidik, begitu gugup. Sesekali terlihat meremas kedua tangan dan kembali ke posisi sikap duduk siap dengan kedua tangan diletakkan di atas pahanya.

Ketegangan makin nampak di wajah Gapur, lantaran pintu penyidik yang terbuka sehingga orang yang di luar bisa melihatnya saat diperiksa. Beberapa kali dia menoleh keluar ruangan ketika mendengar orang lewat di depan ruangan tempat dia di periksa.

Terdengar salah satu pertanyaan yang ajukan penyidik ke Lurah Peta itu, ialah jumlah Satgas yang ada di Kelurahan Peta.

"Berapa jumlah Satgas di Kelurahan Peta?," tanya penyidik yang kemudian lanjut dijawab oleh Gapur.(riawan)

  • Bagikan