Hasil RUPS PT Liga Indonesia, Aturan Baru Hingga Hadiah Pemenang Liga 1 2024-2025 Naik 50 Persen, Sadikin Terpilih Jadi Direksi

  • Bagikan
Direksi yang terpilih pada RUPS PT Liga Indonesia Baru. --it--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahun 2024 diselenggarakan oleh PT. Liga Indonesia Baru (PT.LIB) pada Rabu 26 Juni 2024) di Fairmont Hotel Senayan.

Dalam RUPS PT LIB yang dihadiri pemegang saham 18 peserta Liga 1 2024/2025 dan PSSI itu, diambil berbagai keputusan penting, mulai aturan baru hingga hadiah juara Liga 1 naik 50 persen dari sebelumnya.

Sebagai gambaran, PT LIB baru-baru ini mengeluarkan aturan baru untuk Liga 1 musim mendatang yang memperbolehkan penambahan jumlah pemain asing dari enam menjadi delapan.

Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus menegaskan pihaknya tidak menerapkan syarat minimal dua pemain Asia di antara delapan pemain asing tersebut.

"Sederhananya, klub juga diperbolehkan mengontrak pemain Asia, bahkan sampai delapan pemain sekaligus," terang Ferry di hotel Fermon, Jakarta pada Rabu, 26 Juni 2024.

Lebih lanjut Ferry menambahkan, pada tahap selanjutnya, setiap klub berkesempatan menurunkan total 23 pemain selama pertandingan berlangsung.

Selain itu, PT LIB dan PSSI juga telah melakukan revisi aturan mengenai pemain U-23, kini mewajibkan pemain U-22 untuk memulai pertandingan dan bermain minimal 45 menit.

Berkat kemenangannya pada musim 2023/2024, Persib Bandung mengamankan kuota komisaris PT LIB untuk musim berikutnya, 2024/2025.

"Persib Bandung karena menjadi juara Liga 1 tahun 2023/2024 berhak masuk dalam jajaran komisaris PT LIB," katanya.

Liga 1 musim 2024/2025 akan dimulai pada 9 Agustus dengan laga seru antara Persib Bandung sang juara bertahan melawan klub promosi PSBS Biak.

Untuk musim mendatang, tiga klub PSBS Biak, Semen Padang, dan Malut United akan mengikuti kompetisi sebagai tim promosi, menggantikan tiga klub yang terdegradasi Persikabo 1973, Bhayangkara FC, dan RANS Nusantara.

"Untuk juara musim depan ada perubahan 50 persen. Jika tahun ini mendapat Rp5 milyar, maka musim depan ada peningkatan menjadi Rp7.5 milyar," jelas dia.

SADIKIN AKSA
Nama Direktur Utama PT PSM, Sadikin Aksa secara resmi ditunjuk sebagai salah satu Direksi PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Ditunjuknya Sadikin Aksa untuk memegang jabatan sebagai direktur PT LIB tersebut berdasarkan kesepakatan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT LIB di Jakarta, Rabu (27/06/2024)

Penunjukkan Sadikin Aksa untuk memegang jabatan di operator sepakbola Indonesia itu sendiri bukan yang pertama kalinya.

“Jabatan di PT LIB bukanlah hal baru bagi Sadikin Aksa,” tulis keterangan yang diterima Fajar.co.id.

“Dikarenakan sebelumnya, Ketua IMI periode 2015-2019 ini telah tercatat sebagai komisaris,” sambung keterangan tersebut.

Menyikapi penunjukkan Sadikin Aksa sendiri sebagai Direktur PT LIB, manajemen PSM Makassar diketahui sudah menyiapkan diri terkait hal ini.

Dengan ditunjukkan Dirut PSM Makassar itu, bisa dipastikan kegiatan operasional di tim tetap berjalan sebagai mana mestinya.

Dan untuk jabatan baru yang dipegang oleh Sadikin Aksa ini dipastikan tidak akan terdampak atau terganggu.

“Wacana penunjukan Sadikin Aksa sebagai direktur telah mengemuka sebelum dilaksanakannya RUPS PT LIB. Sehingga rapat internal manajemen PSM Makassar telah membahas kemungkinan tersebut secara mendalam,” ujar keterangan tersebut.

“PSM Makassar juga memastikan bahwa kegiatan operasional tim tetap berjalan normal dan tidak akan terganggu dengan jabatan baru yang diemban Sadikin Aksa di PT LIB,” terangnya. (dis/fjr/pp)

  • Bagikan