Jelang Pilkada, Masyarakat Diminta Anti Hoax dan Ujaran Kebencian

  • Bagikan
Kapolres Luwu Timur, AKBP Zulkarnain, SH.,SIK.,MH

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MALILI -- Kapolres Luwu Timur, AKBP Zulkarnain, SH.,SIK.,MH mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menghindari dan mencegah penyebaran berita hoax dan ujaran kebencian di tengah masyarakat termasuk di media sosial.

Ini penting, guna menciptakan situasi Keamanan dan ketertiban masyarakat
(Kamtibmas) agar tetap kondusif menjelang Pilkada 2024 di Kabupaten Luwu Timur.
"Bersama kita wujudkanpemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 Kabupaten Luwu Timur yang aman, damai dan sejuk," ungkap Kapolres, Rabu 26 Juni 2024.

Menurut Kapolres Zulkarnain, pastikan informasi berasal dari sumber yang terpercaya sebelum mempercayainya atau menyebarkannya kembali. Yaitu dengan cara, seperti, melakukan pengecekan fakta dengan mencari informasi tambahan dari berbagai sumber yang dapat dipercaya.

Ia melanjutkan tingkatkan pemahaman tentang cara mengenali dan menghindari berita hoax dengan memahami ciri-ciri umumnya. Serta jangan langsung percaya pada informasi yang terdengar terlalu dramatis atau tidak masuk akal tanpa melakukan pertimbangan kritis terlebih dahulu. Dan Jika mendapati orang lain menyebarkan berita hoax, berikan informasi yang benar secara hati-hati dan bijaksana. Bila memungkinkan, laporkan atau sampaikan informasi palsu kepada platform atau otoritas yang bersangkutan untuk ditindaklanjuti.

''Dengan langkah-langkah seperti ini, kita dapat membantu mengurangi dampak negatif dari penyebaran berita hoax di masyarakat,'' tegas Kapolres Luwu Timur.(akm/rhm)

  • Bagikan