Layanan BPJS Keliling Jemput Bola Penuhi Kebutuhan Adminitrasi Peserta

  • Bagikan
BPJS Keliling merupakan layanan administrasi melalui mobil operasional, Jumat 28 Juni 2024 di Puskesmas Wara Selatan. IST

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID PALOPO, Jamkesnews – BPJS Kesehatan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh masyarakat, termasuk dalam pelayanan administrasi kepesertaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Salah satu bentuk upaya yang dilakukan yaitu melalui pelayanan jemput bola yang dikenal dengan BPJS Keliling.

BPJS Keliling merupakan layanan administrasi melalui mobil operasional yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang mendukung untuk memberikan pelayanan seputar pendaftaran peserta baru, perubahan dan pengecekan data kepesertaan, pemberian informasi terkait Program JKN, serta penanganan pengaduan dari peserta JKN.

Layanan jemput bola ini diapresiasi oleh Dinda, seorang ibu rumah tangga yang ditemui tim Jamkesnews di titik layanan BPJS Keliling tepatnya di Puskesmas Wara Selatan, Jumat (28/6).

“Kedua anak saya yang terakhir sampai sekarang belum memiliki kartu JKN jadi saya hendak memastikan apakah sudah terdaftar atau belum karena sebelumnya sudah pernah diusulkan masuk sebagai tanggungan pemerintah. Alhamdulillah tadi sudah dibantu pengecekan oleh petugas BPJS Keliling dan ternyata keduanya sudah terdaftar dan tadi juga diinfokan kalau sekarang sudah tidak ada pencetakan kartu karena sudah dapat menggunakan KTP/KK untuk berobat ke fasilitas kesehatan,” ungkapnya.

Dinda ingin memastikan seluruh anggota keluarganya terdaftar aktif sebagai peserta JKN agar sewaktu ingin mengakses layanan kesehatan, ia dan keluarga tidak akan terkendala akibat status kepesertaan yang tidak aktif.

“BPJS Keliling ini tentunya sangat membantu karena peserta bisa mendapatkan pelayanan tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan, apalagi seperti kami yang tinggal di daerah Wara Selatan ini dimana jarak ke kantor BPJS Kesehatan cukup jauh. Layanan seperti ini harus sering-sering dilakukan dan diperluas lagi area titik layanannya,” ucapnya.

Melalui layanan BPJS Keliling Dinda juga dipandu oleh petugas dalam mengunduh dan melakukan proses registrasi Aplikasi Mobile JKN agar Dinda dapat melakukan pengecekan status kepesertaan secara mandiri cukup dari rumah atau di mana saja melalui smartphone miliknya.

Sementara itu di tempat terpisah, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palopo, Dahniar Hasyim Dahlan menyebutkan dalam rangka fokus utama transformasi mutu layanan, BPJS Kesehatan akan terus berupaya memberikan pelayanan prima kepada peserta JKN maupun kepada masyarakat yang belum terdaftar dalam Program JKN.

Dahniar menjelaskan layanan BPJS Keliling di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Palopo dilakukan secara rutin yaitu setiap hari secara bergiliran di setiap kelurahan dan titik keramaian.

“Jadi kami akan menyusun jadwal layanan BPJS Keliling setiap bulannya dimana dalam sehari layanan BPJS Keliling akan beroperasi sebanyak dua kali yaitu pada pagi dan siang hari. Pagi hari BPJS Keliling akan mengunjungi satu kelurahan dan di siang atau sore hari akan berada di titik keramaian,” jelasnya.

Melalui layanan BPJS Keliling masyarakat juga bisa mendapatkan informasi terbaru seputar Program JKN salah satunya kemudahan akses layanan administrasi, informasi dan pengaduan melalui Aplikasi Mobile JKN.

“Pemanfaatan Aplikasi Mobile JKN ini gencar kami sampaikan kepada peserta, karena memang banyak sekali manfaat dari aplikasi ini yang dapat diakses oleh peserta. Hal ini juga kami lakukan di BPJS Keliling yaitu edukasi kepada peserta terkait info-info dan produk-produk terbaru seputar Program JKN sehingga pemahaman peserta terhadap Program JKN dapat lebih meningkat,” katanya.

Layanan BPJS Keliling telah menjadi solusi yang akan terus dijalankan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat terutama bagi mereka yang berada di wilayah yang jaraknya jauh dari Kantor BPJS Kesehatan, bukan hanya di wilayah kota namun hingga ke pelosok daerah. (sy/va)

  • Bagikan