Irbar Pairing Cocok Dampingi Putri Dakka

  • Bagikan

Pengamat Sebut Mantan Birokrat yang Berwawasan Nasional dan Berpengalaman

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO --- Proyeksi empat poros kekuatan di pilwalkot Palopo tampaknya mulai mendekati kenyataan. Adapun empat poros atau gerbong terdiri atas koalisi partai politik (parpol) tanpa jalur independen.

NasDem dan Golkar tanpa koalisi sudah bisa mengusung pasangan calon (Paslon). NasDem yang sudah mengusung Farid Kasim Judas-Nurhaenih mengunci enam kursi. Sedangkan Golkar yang hampir pasti mengusung RMB juga enam kursi. Sedangkan koalisi Gerindra-Demokrat yang mengunci enam kursi mengusung Trisal Tahir. Terakhir muncul nama Putri Hamda Dakka. Sudah menerima surat tugas dari DPP PDIP dan DPP PAN.

Peta kekuatan figur di Pilwalkot Palopo 2024 memang masih sangat dinamis dan cair. Itu setelah nama Putri Dakka yang nota benenya kader NasDem mendapatkan surat tugas. "Hal itu menjadi parameter utama. Itu bisa saja terjadi. Muncul empat gerbong kekuatan di pilwalkot Palopo ini," tandas Pengamat Politik dan Kebijakan Publik asal Unanda Palopo, Dr.
Syahruddin Syah, M.Si, kepada Palopo Pos, di Warkop Dg Sija, Sabtu 29 Juni 2024. "Konfigurasi koalisi partai politik tak bisa dihindarkan," lanjut Eko-sapaan akrab Dr Syahruddin Syah, M.Si.

Lanjut Eko, kalau PDIP koalisi dengan PAN yang pas mengunci 5 kursi, sudah bisa mengusung nama Putri Dakka di pilwalkot Palopo. Sekarang tinggal melihat siapa yang pas mendampingi Putri Dakka. Ini menjadi menarik dibincangkan. Putri Dakka yang berlatarbelakang sebagai pengusaha dan kader partai NasDem, sebut Eko, cocoknya berpasangan dengan mantan birokrat yang berwawasan nasional dan berpengalaman.

Salah seorang yang disebut Eko sebagai mantan birokrat yang berwawasan nasional dan berpengalaman adalah Ir Irbar Pairing Senobua', MT. "Saya kira pas kalau ini berpasangan. Bisa saling melengkapi dan kolaborsi tersebut dan pasangan keduanya dapat mewakili semua segmen masyarakat Palopo, menjadi yang pasangan ideal," ujar Eko.

Keduanya bisa menjadi pasangan yang tepat sebagai calon walikota dan wakil walikota Palopo. "Irbar kita ketahui seorang mantan birokrat kementerian PUPR yang ditugaskan di Palangkaraya sebagai kepala satker," sebutnya.

Hal itu langsung diamini Hikmah, salah seorang pendukung dan tim berkIBAR (bersama kita Irbar). "Dengan wajah baru ini, Palopo akan dibangun dengan multi anggaran, tidak semata mengandalkan PAD," sebutnya. Irbar sebagai kader PDI Perjuangan dan Putri kader dari Nasdem akan bersama lebih baik untuk memajukan Palopo sebagai kota Metro.

Di pilwalkot Palopo, Irbar satu-satunya kader PDI Perjuangan yang didorong maju sebagai 02.
Putri Dakka selama ini dikenal dengan jiwa sosialnya yang tinggi dengan slogannya "Agenda Kebaikan". Sedangkan Irbar Pairing dikenal penggagas ide "toleransi holistik" untuk Palopo menuju kota metro. (ary)

  • Bagikan