Satu Masih Dirawat di Arab Saudi

  • Bagikan
Para jemaah haji Luwu tiba di Masjid Agung, Belopa, Ahad subuh kemarin. Inset: Asisten II Pemkab Luwu, Ahyar Kasim menyampaikan sambutan selamat datang.--ft: istimewa--

449 Jemaah Haji Tiba di Kampung Halaman

PALOPOPOS.BELOPA-- Jemaah haji kelompok terbang (kloter) 8 gabungan dari Kota Makassar, Kabupaten Gowa, dan Luwu tiba di tanah air melalui Debarkasi Makassar, Sabtu, 29 Juni 2024 lalu.

Khusus jemaah haji Luwu, tiba kembali di kampung halaman (Belopa), Ahad, subuh, 30 Juni 2024 kemarin. Satu orang di antaranya masih dirawat di Arab Saudi karena sakit.

Sekretaris PPIH Embarkasi/Debarkasi Ujung Pandang Ikbal Ismail di Makassar, Sabtu, mengatakan, ada 449 haji dari kuota 450 yang sudah tiba di tanah air.

"Pesawat mendarat sekitar pukul 15:45 WITA dan ada satu haji yang tertunda kepulangannya ke tanah air," ujarnya.

Ikbal Ismail mengatakan jemaah haji yang tiba di tanah air diterima secara resmi di Asrama Haji Sudiang Makassar sebelum diserahkan kembali ke Kemenag dan Pemda masing-masing.

Jemaah haji dari daerah telah dinantikan oleh keluarganya masing-masing dan pihak pemerintah daerah juga menyiapkan layanan pengantaran dengan menggunakan bus.

Untuk jamaah haji Kloter 8 yang telah tiba yakni dari Kota Makassar sebanyak 36 orang, Kabupaten Gowa 117 orang, dan Kabupaten Luwu sebanyak 288 orang ditambah ketua kloter sebanyak satu orang, pembimbing ibadah satu orang, tenaga kesehatan haji (TKH) satu orang, perawat dua orang, serta petugas haji daerah (PHD) 2 orang yang totalnya sebanyak tujuh orang.

"Kalau yang berangkat 450 orang dan yang kembali itu 449 orang. Satu orang haji asal Kabupaten Luwu, Rahmawati Sape Baraima (70) masih menjalani perawatan medis di KKHI Arab Saudi," katanya.

Sementara itu, jemmah Haji Luwu tiba Ahad subuh, , 30 Juni 2024 kemarin. Jemaah haji disambut ribuan keluarga jemaah yang antusias menanti di halaman Masjid Agung, Belopa sejak malam hari. Tangis dan haru tak terbendung saat jamaah haji bergantian turun dari bus.

Syukur kepada Allah SWT atas perjalanan melaksanakan ibadah haji. Salah satu rukun Islam bagi yang mampu, mampu ekonomi dan mampu fisik. Alhamdulillah Allah SWT menolong kita dalam perjalanan sekalipun sudah usia sudah lansia, ujar Asisten II Pemkab Luwu, Ahyar Kasim saat menyambut jemaah.

Ia menjelaskan salah tugas berat dalam pelaksanaan haji tahun ini ialah karena beberapa jemaah adalah lansia yang usianya di atas 60 tahun.

Tapi kita bersyukur kita diberikan kekuatan oleh Allah SWT melaksanakan ibadah haji sempurna, berangkat dan kembali di tahan air Kabupaten Luwu jadi kita cintai, ungkapnya. (fan/ikh)

  • Bagikan