Emas: Irbar Punya Kualifikasi yang Baik Didorong 02 Putri Dakka

  • Bagikan
  • PDI Perjuangan Harus Perjuangkan Kader di Pilwalkot Palopo

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO --- Sejumlah pengamat dan pemerhati politik Palopo setuju kalau PDI Perjuangan mensyararkan kader partai sebagai balon 02 di pilwalkot Palopo. Kemudian menduetkannya dengan tokoh dari luar partai berlambang moncong putih.

Ir Irbar Pairing Senobua', MT yang dikenal sebagai penggagas ide "toleransi holistik" selama ini dipersonifikasikan sebagai kader PDI Perjuangan dan mantan birokrat yang berwawasan nasional dan berpengalaman.

"Ya mestinya Irbar yang diprioritaskan oleh PDI Perjuangan karena kader," tandas Edy Maiseng, SH, M.Kn, pemerhati politik dan mantan balon walikota Palopo tahun 2018 silam, kepada Palopo Pos, Rabu 3 Juli 2024.

Edy Maiseng tahu betul dan paham sosok Ir Irbar Pairing Senobua', MT yang berlatarbelakang birokrat yang berwawasan nasional dan penuh pengalaman. Irbar adalah eks pejabat kementerian PUPR Republik Indonesia yang diperbantukan di Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah sebagai kepala satker wilayah provinsi Kalteng, yang hasil pekerjaan melalui buah pikiran dan perencanaanya baru diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

Edy Maiseng  menyatakan setuju apabila PDI Perjuangan mensyaratkan kader partai sebagai calon wakil walikota kota Palopo dan menduetkannya dengan tokoh dari luar partai. Yang mewacana dan sudah mendapat surat tugas dari DPP adalah Putri Dakka (PD).

"Dan saya pikir Irbar Pairing punya kualifikasi yang baik untuk didorong sebagai 02 untuk mendampingi Putri Dakka," tandas mantan bakal calon walikota Palopo tahun 2018 silam.
Menurut Edy Maiseng, tiket sebagai balon wakil walikota Palopo sebaiknya diprioritaskan kepada Irbar Pairing sebagai kader yang telah membanti partai saat pileg lalu.

"Jangan sampai kemudian orang partai itu dianggap nggak mampu. Kan lucu," tegasnya. "Mosok ada kader yang maju tapi tidak diperhatikan," lanjut Edy Maiseng yang berlatarbelakang notaris.

Emas--sapaan akrab Edy Maiseng--oleh para koleganya-- menilai memberikan tiket kepada tokoh di luar partai politik sebagai balon wakil akan melukai dan mengganggu semangat kaderisasi.
"Sosok Irbar saya anggap pilihan terbaik untuk 02 dari partai PDI Perjuangan," sebutnya. "Memilih calon wakil walikota menjadi penting," imbuhnya.

Sebelumnya, Putri Dakka telah mendapat surat tugas dari PDI Perjuangan yang mengunci 3 kursi di DPRD Palopo.
Melihat latarbelakang Putri Dakka sebagai pengusaha dan kader partai pas kalau berpasangan dengan mantan birokrat yang berwawasan nasional dan berpengalaman. Salah satu nama yang cocok adalah Ir Irbar Pairing Senobua, MT.

Irbar Pairing sendiri telah mengikuti tahapan dan mekanisme di sejumlah partai sebagai bakal calon wakil walikota Palopo. Ia sudah mengikuti fit and proper test di PDI Perjuangan, Demokrat, Hanura, dan lainnya.(ary)

  • Bagikan