Pilwalkot Palopo, Baru FKJ yang Tetapkan Wakil

  • Bagikan

RMB, PD, dan Trisal Sementara Menjajaki

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Dua bulan lagi masa pendaftaran pasangan calon untuk maju di Pilwalkot Palopo dibuka. Sampai saat ini para bakal calon 01 Wali Kota Palopo masih "senter-senter", belum menyatakan sikap untuk berpaket.

Di Pilwalkot Palopo yang diprediksi akan diikuti empat pasangan calon, yakni Dr Rahmat M Bandaso, Dr Farid Kasim, Putri Dakka (PD), dan Trisal Tahir. Hanya Dr Farid Kasim yang sudah menentukan pasangannya, yakni Ketua DPRD Palopo, Dr Hj Nurhaenih. Tinggal RMB, PD, dan Trisal Tahir yang belum menentukan pendampingnya.

Namun, dari beberapa informasi, penentuan pendamping RMB nantinya mengacu dari beberap kali hasil survei.
Rahmat Masri Bandaso (RMB) dalam setiap mengikuti fit and proper test partai politik, menyatakan untuk penentuan wakilnya melihat dari peluang dan persentase kemenangan di Pilwalkot Palopo mendatang.

Seperti pada saat fit and proper di Partai Demokrat, menurut, RMB, terbuka pendampingnya dari kalangan politisi Demokrat.
“Tadi di dalam ngobrol politik ada ditanyakan soal pendamping, dan kami sampaikan hasil survei. Kalau memang kader Demokrat memiliki peluang menang kenapa tidak. Saya 01 dan 02 nya dari Demokrat,” katanya.

RMB mengaku mendaftar di semua partai politik yang membuka pendaftaran bakal calon Wali Kota pada Pilkada serentak. Termasuk, melakukan survei sejumlah nama yang bakal menjadi pendampingnya.

"Termasuk juga ditanya soal potensi kemenangan. Dan kita optimis akan mencapai di atas 90%,” tandas ketua Golkar Palopo ini.

Adapun beberapa nama yang disebut santer menjadi pendamping RMB, ada Ketua PDIP Palopo Alfri Jamil, Mantan Kadinkes Palopo yang juga Owner RSU St Madyang, dr Nasaruddin Nawir Sp.OG(K) MARS, Ketua IDI Palopo, dr Abdul Syukur Kuddus Sp.B, dan Ketua Gelora Budi Sada.

Putri Dakka
Sementara itu, Putri Dakka (PD) pasca mendapat rekomendasi surat tugas dari PDIP dan PAN, mulai membidik beberapa figur sebagai bakal calon Wakil Wali Kota Palopo. Nama-nama seperti, Irwan Hamid, Hamzah Jalante, dr Abdul Syukur, dr Nasaruddin Nawir, Haidir Basir, Budi Sada, Akhmad Syarifuddin, Irbar Pairing Senobua, dan Alfri Jamil adalah nama yang digadang-gadang menjadi pendampingnya dalam perhelatan Pilwalkot Palopo 2024.

Adapun dua Parpol ini, PDIP (3 kursi) dan PAN (2 kursi) di parlemen memberi tugas kepada Putri Dakka diantaranya melengkapi koalisi usungan dan memastikan calon Wakil.
Juru Bicara Putri Dakka, Didit Prananda mengatakan, meskipun belum ada keputusan pasti, beberapa figur tersebut dinilai mampu bekerjasama dan memiliki niat baik untuk membangun kembali Kota Palopo.

"Untuk sementara, belum ada yang pasti. Namun pada prinsipnya sudah ada beberapa figur yang dilirik untuk menjadi pasangan ibu PD. Beberapa nama yang dilirik merupakan sosok yang bisa bekerjasama dan benar-benar punya niat membangun kembali Kota Palopo dengan lebih baik ke depannya," ujar Didit lewat pres rilisnya, Sabtu, 29 Juni 2024.

Didit menyebutkan, nama kandidat calon Wakil pendamping Putri Dakka akan dibicarakan dengan partai pengusung, serta mengacu pada hasil survei di lapangan.

Trisal Tahir
Lalu ada figur politisi Gerindra Trisal Tahir. Sejumlah figur 02 mewacana untuk berpaket dengan Bakal Calon 01, Trisal Tahir. Ada nama Hj Hasriani SH (Ketua Gerindra Palopo), H Haidir Basir (Ketua PPP), Basri Annas (Pengarah TKD Prabowo-Gibran), Alfri Jamil (Ketua PDIP), dan lainnya.
Namun dari sejumlah nama tersebut, nama Hj Hasriani yang menguat untuk berpaket Trisal Tahir. Pertimbangannya, karena Alfri tidak bersedia maju Pilwalkot.

Selanjutnya ke Hj Hasriani karena sudah teruji memimpin Parpol pada tiga kali Pileg di Palopo. Ia juga memiliki potensi suara secara geopolitik di wilayah pesisir Palopo yang memiliki pemilih besar.

Hj Hasriani yang dimintai tanggapannya, Selasa, 18 Juni 2024, tidak menampik hal tersebut. "Insha Allah. Pileg kemarin (14 Februari 2024) jadi ajang pembuktian bagi Ketua Parpol di Palopo,'' katanya.

Pada saat fir and proper test di Demokrat Sulsel, Trisal berharap Partai Gerindra dan Demokrat berkoalisi.
"Saya berharap Demokrat bisa berkoalisi Gerindra di Pilkada Palopo. Karena kami yakin koalisi Indonesia Maju bisa juga dilaksanakan di daerah," harapnya usai mengikuti uji kelayakan partai Demokrat di Hotel Claro Makassar.

Dirinya menyebutkan Jika Demokrat-Gerindra berkoalisi Pilwalkot Palopo, maka itu cukup mengantar dirinya mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Agustus nanti.
Apalagi sinyal partai Gerindra memberikan dukungan kepada dirinya sudah terbuka lembar setelah dirinya mendaftar ke DPC Demokrat Palopo beberapa hari lalu, diantar oleh pengurus Kecamatan partai berlambang burung garuda ini bersama ketua DPC Gerindra Kota Palopo, Hasriani.(idr)

Figur Disebut Calon Pendamping 01 Pilwalkot

  • RMB : Alfri Jamil (Ketua PDIP Palopo)
    dr Nasaruddin Nawir Sp.OG(K) MARS (Mantan Kadinkes Palopo/ Owner RSU St Madyang)
    dr Abdul Syukur Kuddus Sp.B (Ketua IDI Palopo/Ketua PSSI Palopo)
    Budi Sada (Ketua Gelora Palopo)
  • Putri Dakka : Irwan Hamid (Anggota DPRD Sulsel)
    Hamzah Jalante (Dosen IPDN)
    dr Abdul Syukur Kuddus (Ketua IDI Palopo)
    dr Nasaruddin Nawir (Owner RSU St Madyang)
    Haidir Basir (Ketua PPP Palopo)
    Budi Sada (Ketua Gelora Palopo)
    Dr Akhmad Syarifuddin (Mantan Wawali)
    Irbar Pairing Senobua (Politisi PDIP Palopo)
    Alfri Jamil (Ketua PDIP Palopo)
  • Trisal Tahir : Hj Hasriani (Ketua Gerindra Palopo)
    Cendra Saputra (Anggota DPRD Demokrat Palopo)
  • FKJ : Dr Hj Nurhaenih (Ketua DPRD Palopo)
  • Bagikan