Ronaldo di Euro, Torehan Rekor, Tak Ada Lawan

  • Bagikan

Kapten Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo (c) AP Photo/Michael Probst

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JERMAN-- Siapa tidak kenal seorang Cristiano Ronado? Kapten timnas Portugal ini merupakan pemain yang sangat identik dengan rekor.

Bintang asal Portugal tersebut memegang banyak rekor termasuk di ajang Euro.

Di usia yang tidak muda lagi, yakni sudah berusia 39 tahun, namun Ronaldo masih menunjukkan performa yang cukup baik pada level klub maupun internasional.

Bersama timnas Portugal, Ronaldo merupakan pencetak gol terbanyak negaranya. Ia pernah membawa A Selecao das Quinas meraih trofi Euro.

Selain itu, Ronaldo juga punya rekor-rekor fantastis dalam partisipasinya di Euro. Apa saja?

Berikut ini enam rekor luar biasa yang dipegang Ronaldo di Euro.

  1. Pencetak Gol Terbanyak

Cristiano Ronaldo belum mencetak gol di Euro 2024. Namun, ia hanya akan memperpanjang rekornya lebih jauh jika berhasil mengoyak gawang lawan.

Ronaldo pertama kali mencetak gol di Euro lebih dari dua dekade lalu. Ia mencetak gol saat remaja melawan tim Yunani yang mengangkat trofi di negara asal Ronaldo.

Sejak saat itu, Ronaldo telah mencetak gol di setiap turnamen dan sudah mengoleksi 14 gol. Ia unggul lima gol lebih banyak daripada pemegang rekor sebelumnya Michel Platini.

  1. Assist Terbanyak

Cristiano Ronaldo dikenal sebagai pencetak gol yang ulung. Meski begitu, Ronaldo juga bisa membuat assist untuk rekan setimnya.

Ronaldo mencetak rekor baru dengan memberi assist kepada Bruno Fernandes dalam kemenangan 3-0 Portugal atas Turki di Euro 2024. Padahal ia bisa saja mencetak gol sendiri.

Kini Ronaldo telah mencatatkan delapan assist di Euro. Itu merupakan rekor tertinggi di turnamen antar negara Eropa tersebut.

  1. Penampilan Terbanyak

Cristiano Ronaldo tidak pernah absen mengikuti Euro sejak 2004. Tidak mengherankan kalau Ronaldo memegang rekor sebagai pemain dengan penampilan terbanyak di turnamen tersebut.

Selama diperkuat Ronaldo, Portugal selalu berhasil masuk ke babak sistem gugur. Mereka telah mencapai final dua kali, semifinal, perempat final, dan babak 16 besar sekali.

Ronaldo kini telah tampil sebanyak 27 kali di enam edisi Euro. Itu enam kali lebih banyak dari rekan setimnya di Portugal, Pepe.

  1. Satu-Satunya Pemain yang Bermain di Enam Euro

Cristiano Ronaldo menjadi satu-satunya pemain yang tampil dalam enam edisi Euro. Dia juga satu-satunya orang dalam sejarah yang tampil di enam Euro secara penuh.

Ronaldo mencatatkan debut di timnas Portugal pada tahun 2003. Sejak saat itu, Ronaldo telah berpartisipasi dalam enam Euro (2004, 2008, 2012, 2016, 2020, 2024).

Luka Modric, Pepe, Iker Casillas dan Rui Patricio adalah empat pemain yang tampil di lima edisi Euro. Catatan ini sangat baik mengingat Portugal hanya lolos ke tiga Euro sebelum debut internasional Ronaldo.

  1. Kemenangan Terbanyak

Tidak mengherankan jika Cristiano Ronaldo mengoleksi kemenangan individu terbanyak Pasalnya, Portugal punya rekor bagus selama karier individunya yang panjang.

Ronaldo menang 14 kali, seri tujuh kali, dan kalah enam kali dari 27 pertandingan Euro yang ia ikuti. Ia mencatatkan total 2334 menit, 166 menit per gol, dan 111 menit per gol atau assist.

Kemenangan yang tidak akan dilupakan Ronaldo tentu saja di final Euro 2016. Mereka mengalahkan Prancis untuk mengangkat trofi Euro pertamanya.

  1. Sering Mencetak Gol di Turnamen

Tidak termasuk Euro 2024, Cristiano Ronaldo telah mencetak gol di setiap Euro sejak 2004. Tidak ada pemain lain yang mencetak gol di lima turnamen.

Ronaldo mencetak gol melawan Yunani dan Belanda pada 2004, Republik Ceko pada 2008, Belanda dan Republik Ceko pada 2012, Hungaria dan Wales pada 2016, serta Hungaria, Jerman, Prancis di Euro 2020.

Ronaldo masih belum membuka rekening golnya di Euro 2024. Meskipun begitu, Ronaldo ia masih punya waktu untuk mencetak gol dan memperpanjang rekornya di Jerman. (*/pf/pp)

Sumber: Planet Football

  • Bagikan