Demokrat Siap Kerahkan Mesin Politik Menangkan Trisal Tahir di Palopo

  • Bagikan
Ketua DPD Demokrat Sulsel Ni'matullah (tengah) menyerahkan surat tugas kepada Trisal Tahir yang diwakili Drs Marjono, anggota DPRD Sulsel Gerindra (kanan), Rabu, malam. --ft/ist-palopopos--

Marjono Wakili Trisal Terima Surat Tugas di Makassar

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO --- Trisal Tahir siap maju pilwalkot Palopo. Syarat kendaraan sudah terpenuhi kalau koalisi Gerindra dan Demokrat yang mengunci enam kursi di DPRD Kota Palopo.
Pada Rabu 3 Juli 2024, malam, Ketua DPD Demokrat Sulsel, Ni'matullah mewakili pimpinan DPP Partai Demokrat menyerahkan surat tugas koalisi kepada Trisal Tahir yang diwakili oleh Drs Marjono, korwil Luwu Raya yang juga anggota DPRD Sulsel.
"Sudah diserahkan malam tadi (kemarin malam, red).

Di Makassar. Saya mewakili Bapak Calon Walikota Palopo menerima surat tugas dari Pak Ni'matullah," sebut Marjono, kepada Palopo Pos, Kamis 4 Juli 2025, kemarin.
Marjono menegaskan Trisal Tahir sudah siap tanding di pilwalkot Palopo. "Karena syarat kendaraan sudah terpenuhi," tandasnya.

Pada pileg tanggal 15 Februari 2024, Demokrat berhasil mengamankan tiga kursi di DPRD Kota Palopo. Sedangkan Partai Gerindra mengunci 3 kursi. Jadi secara institusional koalisi ini memenuhi syarat mengusung Trisal Tahir dan pasangannya nanti di pilwalkot Palopo. Syaratnya harus didukung 5 kursi. "Trisal Tahir sudah siap maju," tegas Marjono dengan nada penuh semangat.

Marjono menambahkan, ia mewakili Trisal Tahir (TT) menerima surat tugas karena saat bersamaan Trisal Tahir sedang berada di Jakarta. Fokus mengurus koalisi partai lain. "Iya. Beliau di Jakarta. Sedang mengurus koalisi dengan partai lain," tambah Marjono tanpa menyebut partai yang sedang digarap balon walikota yang mengusung tagline "Palopo Baru 2024".

Kans Partai Demokrat koalisi Gerindra terbuka lebar. Apalagi Demokrat dan Gerindra sama-sama partai koalisi Indonesia maju yang berhasil memenangkan Prabowo Subianto-Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden pada pilpres lalu.
Dengan demikian, kecenderungan Demokrat ke calon lain kelihatannya sulit terwujud kalau Trisal Tahir yang notabenenya pengurus DPP Gerindra dan orang dekat Prabowo maju di pilwalkot Palopo.

Menurut Marjono, dalam bincang-bincang santai dengan Ni'matullah, Demokrat siap mengerahkan mesin politiknya yang ada di Palopo untuk bekerja maksimal memenangkan Trisal Tahir pada saat nanti sudah daftar di KPU dan Demokrat resmi berkoalisi dengan Gerindra.

Sementara itu, Tim Pejuang Trisal Tahir (TT), Mustahir Sidu menyambut baik surat tugas dari DPP Partai Demokrat. "Koalisi Indonesia Maju berlanjut ke Palopo," ucap Tato-sapaan akrab tim pejuang TT, kepada Palopo Pos, kemarin.
Surat tugas DPP Partai Demokrat dikeluarkan di Jakarta tertanggal 25 Juni 2024. Dan penyerahannya dilakukan Rabu, malam.

Surat tugas konsolidasi yang diserahkan ke Trisal bernomor:422/ST/CAKADA/SATGAS.PD/VI/2024, perihal: Surat Tugas Konsolidasi. Surat tugas ditandatangani langsung Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat oleh Sekretaris Jenderal H. Teuku Riefky Harsya B SC, MT atasnama ketua umum.
Dalam surat tugas tersebut, Trisal Tahir diminta melakukan komunikasi politik dengan partai-partai politik sahabat agar segera terpenuhi persyaratan dukungan minimal 20 persen, koalisi partai politik untuk menjadi pasangan calon walikota dan wakil walikota Palopo.

Kemudian mencari dan mengusulkan pasangan calon wakil walikota Palopo. Selanjutnya, melaporkan hasil survei terkini dan koalisi partai politik yang sudah diperoleh kepada DPP Partai Demokrat sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
Dalam pelaksanaannya, DPP Partai Demokrat akan melaksanakan monitoring dan evaluasi berdasarkan hasil laporan dan survei. Surat tugas ini diberikan untuk dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab dan sesuai dengan etika politik Partai Demokrat dan perundang-undangan yang berlaku. Terakhir surat tugas ini berlaku selama 21 hari dan berakhir pada tanggal 15 Juli 2024.(ary)

  • Bagikan