Gagasan Hamzah Jalante Kontroversi

  • Bagikan

Trisal Sudah Fix 01, RMB Dinamis, dan PD Wait and See

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TOMPOTIKKA-- Gagasan bakal calon (Balon) 02 Pilwalkot Palopo, Hamzah Jalante mempersatukan tiga kandidat 01 yakni Rahmat Masri Bandaso (RMB), Putri Dakka (PD), dan Trisal Tahir (TT), menuai kontroversi. Ada yang tegas menolak, ada masih dinamis, dan adapula wait and see.

Ketua Tim TT, Mustahir Sidu kepada Palopo Pos, Kamis, 4 Juli 2024 kemarin, menegaskan bahwa TT maju 01. ''Biar di-apakan, TT ini sudah fix maju 01,'' terangnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa dirinya sudah melihat survei TT 10 persen. Sementara yang 3%, Tato --sapaan Mustahir Sidu-- mempertanyakan.

Juru Bicara (Jubir) Tim RMB, Baharman Supri yang dikonfirmasi secara terpisah, Kamis kemarin, mengatakan, memang masih dinamis ini Koalisi Indonesia Maju (KIM). Elit partai masih sedang berdiskusi 'siapa dimana'. Misalnya, Gerindra minta di Jabar, DKI Golkar, dan Demokrat dimana.

"Sedang Sulsel belum juga final. Kita diminta sabar tunggu KIM. Apapun yang diputuskan KIM, maka kita di daerah, mau tidak mau, suka tidak suka, harus terima,'' kata legislator Golkar Palopo ini.

"Bagi kami, peluang dua pasangan sangat memungkinkan. Kita tunggu saja karena ada strategi Pilkada yang berbeda dengan lima tahun sebelumnnya. Dimana semua partai di daerah bebas mengusulkan calon. Sekarang sedikit berubah untuk menjaga koalisi permanen sampai lima tahun ke depan,'' terangnya.

Sementara Tim PD, Andri yang dimintai tanggapannya secara terpisah, wait and see (menunggu dan melihat perkembangan. ''Tunggu, saya kordinasikan dulu,'' katanya.

Sebelumnya dilansir, bakal calon (Balon) 02 Pilwalkot Palopo, Hamzah Jalante akan menggagas untuk mempersatukan tiga figur Balon 01, yakni RMB, Putri Dakka (PD), dan Trisal Tahir.

Bersatunya RMB, TT, dan PD, bukan hanya memenangkan Pilwalkot. Tetapi pascaPilwalkot, dengan potensi yang mereka bertiga miliki, masing-masing akan bersama-sama dengan Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih serta segenap komponen masyarakat membangun Palopo. Dan bukan sekedar membangun di Palopo.

Informasi yang dihimpun Palopo, ada beberapa bakal calon 01 yang telah disurvey oleh lembaga SRMS. Nama RMB menempati teratas dengan tingkat keterpilihan 47 persen, disusul Farid Kasim Judas (FKJ) 33 persen, Akhmad Syarifuddin alias Ome 8,3 persen, Putriana Hamda Dakka 7 persen, dan calon lainnya lebih rendah lagi. (rul/ikh)

Bocoran Survei
Simulasi Empat Balon 01

  • RMB 47%
  • FKJ 33%
  • Ome 8,3%
  • PD 7%
  • Lainnya 3,3% (*)
  • Bagikan