Irbar Sebenarnya Cocok 01, Tapi Peluang 02 Terbuka Lebar

  • Bagikan
Ir Irbar Pairing Senobua, MT
  • Pengamat dan Tokoh Politik Palopo Beri Pandangan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO --- Mencuat wacana Golkar-PDI P,erjuangan. Menduetkan Rahmat Masri Bandaso dengan Ir Irbar Pairing Senobua, MT di pilwalkot Palopo.
Pandangan ini terlontar dari tokoh politik Palopo Andi Hasta Machmud.

Kalau duet ini, bisa disebut kolaborasi berwawasan yang lama dan yang baru. Bisa saling melengkapi satu dengan yang lainnya. "Mewakili skala daerah dan skala level nasional," sebut Andi Hasta Machmud, tokoh politik Palopo, kepada Palopo Pos, sore kemarin.

Namun demikian, ia menggarisbawahi bahwa apa yang disampaikan hanya sebatas pandangan-pandangan. "Ini sifatnya pandangan kita. Karena semua nanti berpulang kepada Pak Rahmat dan partai bersama dengan koalisinya," sebutnya.

Irbar Pairing dipersonifikasikan sebagai birokrat yang berwawasan nasional dan berpengalaman. RMB sebagai 01 tentu popularitasnya sudah tak diragukan lagi di Kota Palopo.
Ia menyebutkan, Irbar untuk posisi 02 tentu tak diragukan lagi kebirokrasiannya yang dipercaya kementerian PUPR Republik Indonesia sebagai kepala satker di Palangkaraya, Provinsi Kalimantan Tengah.

"Sangat pas membantu walikota membangun infrastruktur kota menuju Palopo sebagai kota Metro," papar Andi Hasta. Karena memang Palopo masih butuh infrastruktur yang baik. "Pak Irbar Pairing di sisi ini punya pengalaman yang tak dimiliki balon lainnya dan bisa dielaborasi dengan program walikota," lanjut dia.

Ia menambahkan, saatnya masyarakat di era politik sekarang ini, merubah mindset berpikir. Masyarakat Kota Palopo yang majemuk harus menyadari bahwa memilih calon pemimpin yang bisa membawa Palopo lebih maju dan modern. Pilih pemimpin yang punya ide dan gagasan. Tidak lagi menyinggung soal "isi tas". Akan tetapi, lanjutnya, harus mengedepankan dan diskusi mengenai isi kepala bagaimana Kota Palopo ini maju dan rakyat sejahtera.

"Perlu dari sekarang edukasi terus masyarakat dari rasa senang, melalui kebahagian menuju kesejahteraan kota," paparnya.
Sesuai survey ternyata banyak yang setuju dengan sosok baru yang sederhana dan santun serta cemerlang gagasan dan ideanya serta berpengalaman untuk membangun, memajukan kesejahteraan kota Palopo. Dari hasil survei dimana Irbar 02 kemungkinan besar akan menang.

Untuk diketahui, Irbar adalah kader PDI Perjuangan yang pileg lalu berhasil mengamankan 3 kursi. Sedangkan Golkar berhasil mengunci 6 kursi. Irbar diketahui adalah kader PDI Perjuangan.

Ada juga pengamat menyebut melihat ide dan gagasan toleransi holistik yang digaungkan Irbar Pairing cocoknya dia maju 01. Hanya memang harus tetap melihat survei. Kecenderungan masyarakat untuk memilih jagoannya.

"Tapi konsep Pak Irbar sangat pas untuk Palopo sebagai kota metro. Dan ini sebenarnya model gagasan yang harus dimiliki seorang walikota," ujar Dr Syahruddin Syah, M.Si, kepada Palopo Pos, sore kemarin.(ary)

  • Bagikan