Pemkot Palopo Produksi Sagu Marasa, akan Diekspor ke Jepang

  • Bagikan
Nampak Pj Wali Kota Palopo saat meninjau Produksi Sagu Kering Murni. --hms pemkot--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Terobosan dilakukan Pemerintah Kota Palopo. Yakni, memproduksi tepung sagu kering murni, merek Marasa.

Pj. Wali Kota Palopo, Asrul Sani, SH., M.Si., mengunjungi UPTD Pangan Dinas Perindustrian Kota Palopo di Kawasan Industri Kota Palopo (KIPA), Kamis, 04 Juli 2024.

Kunjungan tersebut bertujuan untuk meninjau langsung produksi tepung sagu kering murni dari instalasi pabrik yang ada di KIPA tersebut.

Sekretaris Dinas Perindustrian Kota Palopo, Drs. M. Taufiq Gurrachman, MSi., menjelaskan, untuk di tahun 2024 ini direncanakan untuk sesi pertama.

“Nanti akan dibuatkan tepung sagu kering, dengan kualitas seperti tepung terigu. Lalu nanti akan dikemas sesuai dengan merek yang sudah ada, yaitu merek Marasa,” kata Taufik.

Taufik menambahkan, sudah terdaftar di Dinas Perindustrian bukan cuma sagu tapi juga diproduksi kembali tepung Kakao murni.

“Ini dimaksudkan untuk mencari peluang, kemudian bekerja sama dengan UMKM Kota Palopo yang mengolah bahan baku dari Kakao dan sagu,” katanya.

Lebih lanjut, Taufik berharap, ke depan akan mencoba mencari peluang pasar, bahkan jika dapat di ekspor ke Jepang.

“Tapi itu tentu akan melalui proses yang lebih panjang dan kemudian akan diuji kelayakannya,” ujarnya.

Yang jelas sagu ini, kata Taufik, tetap menjadi produk asli dan unggulan di Kota Palopo dan akan diproduksi dalam bentuk kemasan 250 gram dan 500 gram.

“Kalau sudah dalam bentuk kemasan seperti itu, di event-event pameran kita akan ikutkan untuk menjadi salah satu upaya promosinya,” urainya:

“Berharap dalam satu minggu ke depan sudah fix selesai kita produksi sesi pertama. Di tahun 2024 ini, kita upayakan produksi setidaknya kita lakukan untuk sagu tiga kali dan untuk kakao dua kali,” tandasnya. (rls/pp)

  • Bagikan