Sebelumnya Mangkrak 2 Tahun, Peran Andi Sudirman Kawal Percepatan Bendungan Pamukkulu, Hingga Bakal Diresmikan Jokowi

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID MAKASSAR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) direncanakan akan dijadwalkan berkunjung ke Sulawesi Selatan.

Sejumlah rencana agenda kunjungan Presiden Jokowi di Sulsel. Diantaranya proyek strategis nasional (PSN) yang akan diresmikan Jokowi di Sulsel, yakni Bendungan Pamukkulu di Kabupaten Takalar pada Jum'at 5 Juli 2024.

"Kalau dalam agenda akan diresmikan Pak Presiden," ungkap Kepala BBWS Pompengan Jeneberang Suryadarma Hasyim, Rabu (6/6/2024) dikutip dalam tribunnews.com.

Bendungan tersebut bagian dari proyek strategis nasional (PSN) Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) RI melalui Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang.

Proyek tersebut sempat terhenti selama hampir dua tahun (600 hari) karena terkendala lahan, namun kembali efektif dilaksanakan kembali pada akhir tahun 2019. Ini tak lain adalah dorongan dan komitmen kuat Andi Sudirman Sulaiman yang kala itu menjabat sebagai Wakil Gubernur Sulsel. Bahkan hingga diamanahkan Gubernur, Andi Sudirman terus memperhatikan progres, sekaligus meninjau langsung lokasi Bendungan Pamukkulu.

Atas arahan dan perintah Presiden Jokowi untuk percepatan PSN, Andi Sudirman terus mendorong dan mengawal pembangunan ini hingga menggelar rapat ‘maraton’ dengan seluruh pihak terkait.

Hal ini pun menjadi terwujud dengan percepatan pembangunan hingga akan segera diresmikan oleh Presiden Jokowi.(rls/idr)

  • Bagikan