Inggris Ketemu Belanda di Semifinal Euro 2024

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JERMAN-- Timnas Inggris akan bertemu dengan timnas Belanda di babak semifinal Euro 2024.

Kedua tim akan melakoni duel hidup mati itu, Kamis, 11 Juli 2024 03.00 Wita di Stadion Signal Park, Jerman.

Duel Belanda vs Inggris pada semifinal Euro 2024 mewujudkan skenario laga yang sempat gagal terjadi di babak 16 besar.

Timnas Inggris dan Belanda menjadi dua kontestan terakhir yang memastikan diri lolos dari perempat final.

The Three Lions meraih tiket duluan melalui kemenangan adu penalti melawan Swiss.

Pentas adu algojo ditempuh setelah kedua tim berimbang 1-1 sampai akhir babak tambahan waktu.

Laga yang berlangsung di Dusseldorf Arena, memang berlangsung cukup alot. Meski bermain terbuka tapi kedua tim seperti sulit mendapatkan peluang bersih.

Mengandalkan formasi 3-4-2-1, Inggris banyak mengancam dari sisi kanan dengan mengandalkan Bukayo Saka. Lalu Kobie Mainoo menjadi senjata untuk bikin gol dari lini tengah.

Namun demikian, Inggris benar-benar sulit untuk bisa menembus pusat pertahanan Swiss. Peluang demi peluang yang didapat The Three Lions kerap mentah di benteng Swiss yang solid dan kokoh.

Begitupula dengan Swiss. Serangan dari berbagai sisi yang mereka lakukan sulit mendapatkan hasil. Tembok pertahanan Inggris juga cukup kokoh untuk dijebol Granit Xhaka dan kolega.

Tak heran, babak pertama pun berakhir tanpa ada gol yang tercipta.

Kondisi tak jauh berbeda masih tampak di atas rumput Dusseldorf Arena hingga separuh babak kedua terlewati. Bola lebih banyak bergulir di lini tengah. Inggris dan Swiss sama-sama belum menemukan momen yang tepat untuk menciptakan gol.

Dan, tim yang lebih dulu mendapat momen terbaik adalah Swiss pada menit 75. Dalam sebuah serangan yang dirancang di sisi kanan, Dan Ndoye mengirim sebuah umpan silang ke depan gawang Inggris. Sial bagi Inggris, bola memantul ke salah satu pemain belakang yang langsung disambar oleh Embolo dengan sentuhan ujung kakinya.

Keunggulan Swiss tak bertahan lama. Hanya berselang 5 menit, sepakan keras kaki kiri Bukayo Saka meluncur deras ke arah tiang jauh untuk kemudian memantul ke dalam gawang. Kiper Swiss, Yann Sommer hanya bisa memandang bola bergulir masuk ke dalam gawangnya.

Jual beli serangan terus terjadi hingga waktu normal 90 menit berakhir. Namun, tak ada gol tambahan yang dicetak Inggris maupun Swiss. Laga pun berlanjut ke babak perpanjangan waktu.

Pada babak ini, Inggris terkesan ingin memaksakan laga berlanjut ke babak adu penalti. Tim besutan Gareth Southgate ini cenderung lebih banyak mencoba menguasai bola.

Sebaliknya, Swiss tetap bermain agresif dengan sesekali melakukan serangan balik. Swiss lebih terlihat ingin menyelesaikan pertandingan tanpa adu penalti. Masuknya Xherdan Shaqiri menunjukkan tekad pelatih Murat Yakin untuk mencetak gol pada babak perpanjangan waktu.

Toh, takdir menentukan Inggris dan Swiss harus memastikan nasib mereka di Piala Eropa 2024 melalui adu penalti. Ini menjadi babak adu penalti kedua yang terjadi di Piala Eropa 2024, setelah laga Prancis vs Portugal.

Khusus bagi Inggris, ini ada adu penalti ke-10 yang harus mereka jalani di sebuah turnamen besar.

Dan, Inggris pun mendapat kesempatan pertama melakukan tendangan penalti melalui Cole Palmer. Pemain bernomor punggung 24 ini menjalankan tugasnya dengan baik.

Sementara Swiss mengandalkan Manuel Akanji untuk sebagai eksekutor pertama. Sayang, Akanji gagal menjalankan tugasnya setelah bola sepakannya ditepis Pickford.

Jude Bellingham yang jadi penendang kedua Inggris berhasil menambah keunggulan menjadi 2-0. Dan langsung diikuti oleh bek Swiss, Fabian Schar, yang mengarahkan bola ke titik yang sama.

Saka maju sebagai penendang ketiga Inggris. Lagi-lagi, kaki kiri pemain asal Arsenal ini sukses memperdayai Sommer. Begitu pula dengan Shaqiri yang membuat Swiss menipiskan ketinggalan menjadi 2-3.

Pemain pengganti Ivan Toney juga menjalankan tugasnya dengan baik bagi Inggris, meski tendangannya nyaris ditepis Sommer. Sementara di kubu Swiss, Amdouni juga menempatkan bola di titik yang tak terjangkau Pickford.

Dan, akhirnya Inggris berhasil memastikan satu tiket ke semifinal usai tendangan keras Trent Alexander-Arnold melesak ke pojok gawang tanpa bisa dicegah Sommer. (*/net/pp)

Skuad Pemain:

Inggris: Pickford, Walker, Stones, Konza (Palmer 78'), Trippier (Eze 78'), Mainoo (Shaw 78'), Rice, Saka, Bellingham, Foden (Trent 115'), Kane (Toney 109')

Swiss: Sommer, Schar, Akanji, Rodriguez, Rieder (Zuber 63'), Freuler (Sierro 118'), Xhaka, Aebischer (Amdouni 118'), Ndoye (Zakaria 98'), Vargas (Widmer 63'), Embolo (Shaqiri 109'). 

  • Bagikan