Bebas, Hakim Putuskan Status Tersangka Pegi Setiawan Tidak Sah

  • Bagikan
Momen Pegi Setiawan atau Pegi alias Perong membantah terlibat pembunuhan Vina Cirebon dan membuat heboh konpers di Polda Jawa Barat (Jabar Ekspres-radarcirebon com)

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BANDUNG-- Setelah sekian lama berproses, akhirnyaPengadilan Negeri Bandung mengabulkan gugatan praperadilan Pegi Setiawan, tersangka kasus pembunuhan Vina dan Eky di Cirebon pada 2016.

Hakim tunggal Eman Sulaeman menganggap tidak ditemukan bukti satupun pemohon Pegi pernah dilakukan pemeriksaan sebagai calon tersangka oleh Polda Jabar sebagai termohon.

"Mengadili mengabulkan praperadilan proses penetapan kepada pemohon atas nama Pegi Setiawan dinyatakan tidak sah dan dibatalkan demi hukum. Maka menurut hakim, penetapan tersangka atas pemohon haruslah dinyatkan tidak sah dan batal demi hukum," ujar Eman di PN Bandung, Senin (8/7/2024).

Eman mengatakan penetapan Pegi Setiawan sebagai tersangka pembunuhan Vina dan Rizky (2016) oleh Polda Jabar tidak sesuai dengan prosedur dan tidak sah menurut hukum yang berlaku.

"Berdasarkan pertimbangan di atas, alasan permohonan praperadilan harusnya beralasan dan patut dikabulkan. Dengan demikian petitum pada praperadilan pemohon secara hukum dapat dikabulkan untuk seluruhnya," ujar Eman.

Pengadilan juga memerintahkan kepada termohon (Polda Jabar) untuk menghentikan penyidikan kepada pemohon.

"Memerintahkan kepada termohon untuk melepaskan pemohon dan memulihkan harkat martabat seperti semula," tegasnya. (fjr/pp)

  • Bagikan

Exit mobile version