Wahai Para Cewek, Sering Pusing Saat Menstruasi? Ini Resep dr Ana Adryana

  • Bagikan
dr. Ana Adryana. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Sering pusing karena lagi menstruasi? Terkadang ini dialami oleh keluhan para wanita termasuk para cewek.

Menurut dokter BPJS Kesehatan Palopo, dr Ana Adryana, Selasa, 9 Juli 2024, penyebab pusing saat lagi menstruasi karena anemia atau kurang darah. Ini merupakan suatu kondisi di mana tubuh kekurangan sel darah merah.

Menurut dokter yang bertugas di PKM Wara Utara Kota ini, makan makanan tidak atau kurang mengandung zat besi.

Anemia juga bisa terjadi karena remaja putri mengalami perdarahan atau menstruasi. Dalam kondisi ini, agar tak terjadi anemia, perlu minum tablet tambah darah. Karena bila tidak diatasi, anemia bisa bikin tidak konsen, kurang bersemangat, tidak nafsu makan. Bahkan, lanjutnya, menyebabkan prestasi remaja putri di sekolah merosot.

Dona, begitu sapaan akrab dr Ana Adryana mengajak untuk mencegah anemia dari sekarang. Caranya, dengan rajin mengonsumsi tablet tambah darah sejak masih usia remaja. Karena, anemia di tahap awal seringkali tidak menimbulkan gejala.

Selain itu, penuhi kebutuhan zat besi harian. Caranya, dengan konsumsi makanan yang mengandung zat besi baik hewani atau nabati. Makan makanan yang kaya zat besi seperti daging merah, makanan laut, dan sayuran hijau.

Makanlah buah-buahan yang mengandung vitamin C untuk membantu penyerapan zat besi.
dr Ana Adryana juga menyarankan untuk menghindari minum kopi atau teh yang berlebihan. Kenapa? Karena, dapat menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh. (rachmy yusuf)

  • Bagikan