PAN Usul ABP Balon 02 Putri Dakka

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, SURUTANGA-- Bakal Calon (Balon) 01 Palopo, Putri Dakka telah mendapat surat tugas Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) untuk diusung pada Pilwalkot 2024.

Salah satu point dari surat tugas PAN yakni mencari Partai Politik (Parpol) koalisi untuk mencukupkan syarat mendaftarkan pasangan calon (Paslon) di KPU. Dan calon koalisi itu sudah ada yakni PDIP.

Untuk diketahui PAN memiliki dua kursi hasil Pileg 2024. Sedang PDIP tiga kursi. Jumlahnya, lima kursi, cukup 20 persen dari jumlah kursi DPRD Palopo yakni 25.

Putri Dakka sendiri dikabarkan telah menjadi anggota PDIP. Sehingga idealnya, kader PDIP berpaket dengan kader PAN pada Pilwalkot Palopo.

Fungsionaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN Palopo, Ahyar Amir yang dimintai tanggapannya melalui WA, Selasa, 9 Juli 2024 kemarin, PAN Palopo mengusulkan nama Ketua DPD PAN Palopo, Abduh Bakry Pabe (ABP) sebagai bakal calon Wakil Wali Kota (Balon 02).

"Tapi bukan sesuatu yang wajib, kami hanya menawarkan. Dengan harapan ada yang siap berpasangan dengan Abduh,'' jelas Ahyar.

Disinggung dua nama Caleg PAN terpilih yakni Ely Niang dan Siliwadi, Ahyar mengatakan, peluangnya tetap ada tapi tergantung keduanya. ''Ini pilihan antara anggota dewan dan Wawali,'' katanya.

Sebelumnya dilansir, Putri Dakka (PD) sudah fix maju sebagai 01 (Wali Kota). Soal siapa paket 02-nya, akan diumumkan setelah kembali dari Jakarta pada pekan depan.

"Soal wacana koalisi Trisal, belum ada instruksi. Yang jelas, PD tetap ngotot 01,'' jelas Tim PD, Andri yang dihubungi Palopo Pos melalui messenger, Sabtu, 6 Juli 2024 lalu.

Disinggung calon 02 yang akan jadi paket PD, Andri yang sedang mengikuti Bimtek Pilkada PDIP di Jakarta, akan diumumkan pekan depan. ''Pulang dari Jakarta minggu depan PD nyatakan sikap,'' tulis Andri. (ikh)

  • Bagikan