Tekan Angka Pengangguran, Pemkot Palopo Gelar Job Fair

  • Bagikan
Nampak Plt. Asisten Bidang Pemerintahan Setda Kota Palopo, Dr. H. Andi Poci, S.IP., M.Si, mewakili Pj. Wali Kota Palopo bersama Kadis Tenaga Kerja, Hj Asmiati, SH di Pameran Bursa Kerja (Job Fair) 2024. --hms pemkot--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Plt. Asisten Bidang Pemerintahan Setda Kota Palopo, Dr. H. Andi Poci, S.IP., M.Si, mewakili Pj. Wali Kota Palopo menghadiri pembukaan Pameran Bursa Kerja (Job Fair) 2024.

Kegiatan bertema “Palopo Job Fair” ini digelar di bekas Kantor Gedung DPRD Kota Palopo, Selasa, 09 Juli 2024.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Asmiati,S.Sos, mengatakan kegiatan pameran bursa kerja ini dilaksanakan, untuk mempertemukan antara pencari kerja dan penyedia tenaga kerja.

“Yang mana dalam hal ini pencari kerja membutuhkan informasi tentang ketersediaan lowongan kerja dari pemberi kerja, sehingga dapat menyerap penempatan sesuai dengan kualifikasi yang dimilikinya,” kata Asmiati.

Asmiati menambahkan, kegiatan ini akan dilaksanakan selama 2 hari, mulai tanggal 9 sampai 10 Juli 2024.

“Harapannya, dengan adanya kegiatan ini, para pencari kerja yang ada di Kota Palopo bisa terserap di dalam dunia kerja, khususnya yang dibuka oleh pengusaha selaku pemberi kerja,” ujarnya.

Sementara itu, sambutan Pj. Wali Kota yang diwakili oleh Plt. Asisten Bidang Pemerintahan Setda Kota Palopo, Dr. H. Andi Poci, S.IP., M.Si, sangat mengapresiasi pameran bursa kerja ini.

“Persoalan ketenagakerjaan merupakan salah satu permasalahan klasik yang dihadapi hampir setiap daerah ditanah air, kita bersyukur bahwa kesempatan ini dapat dilaksanakan di Kota Palopo,” kata Andi Poci.

Kegiatan ini juga, lanjut Andi Poci, sekaligus menjadi komitmen pemerintah Kota Palopo untuk membantu pengusaha, dalam mendapatkan tenaga kerja yang sesuai dengan tingkat kebutuhan pengguna.

“Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, akan menyiasati kesenjangan informasi tentang lowongan kerja, sekaligus dapat menyerap tenaga kerja potensial dalam rangka mengurangi pengangguran,” katanya.

Poci menambahkan, pemerintah berharap dengan adanya bursa kerja kali ini, dapat menjadi pemicu tersendiri bagi pencari kerja untuk membekali diri dengan kompetensi sesuai dengan standar dunia kerja.

“Bahkan jika memungkinkan pada kesempatan seperti ini, tersedia pula lowongan kerja bagi kaum difabel, sebagai upaya kita bersama merangkul dan mengangkat semangat percaya diri mereka,” urainya.

“Saya yakin dan percaya tidak sedikit kaum difabel memiliki potensi, bakat dan skill yang mumpuni, yang bahkan mampu bersaing dengan SDM lainnya,” tambahnya.

Lebih jauh, pemerintah jelas Andi Poci, berharap semoga momentum ini banyak para pencari kerja yang terakomodir dalam menggapai citanya.

“Kepada para mitra kerja yang ikut serta dalam kesempatan ini, saya juga berharap agar senantiasa bersinergi dengan pemerintah dalam rangka mengembangkan potensi investasi di daerah ini,” tandasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Kantor BPN, Kepala BPJS Ketenagakerjaan, Kacab Disdik Sulsel Wilayah XI.

Selain itu, hadir pula Kepala UPT Pengawas Ketenagakerjaan Disnakertrans Sulsel, Kepala Bappeda Palopo, Kadis Kominfo, Ketua Bursa Kerja Khusus (BKK) se-Kota Palopo. (rls/pp)

  • Bagikan